Pembelajaran Inovatif Mata kuliah Konstruksi Bangunan II Menggunakan Model Project Based Learning di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil Dan Perencanaan UNM

Sampebua, Onesimus (2017) Pembelajaran Inovatif Mata kuliah Konstruksi Bangunan II Menggunakan Model Project Based Learning di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil Dan Perencanaan UNM. In: Seminar Nasional Dies 56 UNM 2017: Pendidikan Berkualitas Membangun Daya Saing Bangsa Menuju Keunggulan Kompetitif, 9 Juli 2017, Makassar, Indonesia.

[img] Text
Pembelajaran Inovatif Mata kuliah konstruksi Bangunan II.pdf

Download (127kB)
[img] Text (Peer Review Artikel Prosiding Seminar Nasional)
Peer Riview Prosiding Nasional - Pembelajaran Inovatif Mata kuliah konstruksi Bangunan II.pdf - Published Version

Download (8MB)

Abstract

Abstrak.Proses pembelajaran Konstruksi Bangunan II pada jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan UNM mengalami banyak masalah terutama masalah yang dialami dosen pada saat mengajarkan desain gambar bangunan menggunakan program aplikasi AutoCAD 2010. Salah satu kendala yang dihadapi dalam mata kuliah Konstruksi Bangunan II adalah tidak standarnya konsep dan gambar yang dibuat oleh mahasiswa dengan situasi yang ada di kondisi aktual. Ini dikarenakan kurangnya kemampuan mahasiswa dalam memahami desain bangunan menggunakan program AutoCAD 2010. Mahasiswa tidak termotivasi dengan model pembelajaran yang berpusat pada dosen sehingga mahasiswa jenuh dalam proses belajar. Sehingga diperlukan solusi pembelajaran yang inovatif agar mahasiswa mampu belajar lebih aktif untuk meningkatkan kompetensi lulusan mahasiswa yang dapat bersaing pada dunia kerja. Kompetensi yang dimaksudkan adalah agar mahasiswa mampu merencanakan bangunan gedung berlantai 2. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan model pembelajaran yang pada awalnya hanya berupa teori dari dosen menjadi metode pembelajaran berbasis proyek sehingga diharapkan selain agar hasil gambar mahasiswa sesuai dengan bangunan aktual dilapangan tentunya juga meningkatkan motivasi belajar mahasiswa agar lebih aktif. Pembelajaran berbasis proyek merupakan metode belajar yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru dengan berdasarkan pengalamannya dalam beraktifitas secara nyata. Pembelajaran berbasis proyek dapat dipandang sebagai pembelajaran yang dapat mendorong peserta didik membangun pengetahuan dan keterampilan melalui pengalaman langsung membuat gambar desain bangunan rumah menggunakan AutoCAD. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran inovatif model project based learning terbukti dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan keterampilan mahasiswa pada mata kuliah Konstruksi Bangunan II melalui pemberian tugas perencanaan gambar bagunan rumah dengan berpedoman pada kondisi bangunan aktual di lapangan. Mahasiswa dapat mengkonstruksi pengalaman dan kemampuan untuk mendesain gambar rumah menggunakan program AutoCAD 2010.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK
FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Bangunan
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: S.T., M.T. Faruq Ratuhaji
Date Deposited: 24 Jun 2020 09:58
Last Modified: 24 Jun 2020 09:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17745

Actions (login required)

View Item View Item