Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 9 Makassar

Hijrawati, Hijrawati and Arsyad, Muhammad and Dara, Bunga (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 9 Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal Tesis Hijrawati.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian True Experiment Design dengan desain penelitian Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 9. Adapun sampel penelitian diambil dengan menggunakan metode simple random sampling yaitu kelas XMIA1 sebagai kelas control dan XMIA3 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek berada pada kategori sangat tinggi sebesar 15,6%, (2) keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diajar menggunakan pembelajaran konvensional berada pada kategori rendah sebesar 6,3%, (3) hasil belajar fisika peserta didik setelah diajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek berada pada kategori sangat tinggi sebesar 18,8%, (4) hasil belajar peserta didik setelah diajar menggunakan pembelajaran konvensional berada pada kategori rendah sebesar 9,4%, (5) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, terlihat pada skor rata-rata keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen sebesar 34,03 dan skor rata-rata keterampilan berpikir kritis pada kelas kontrol 30,83, (6) terdapat perbedaan hasil belajar fisika peserta didik setelah diajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan diajar menggunakan pembelajaran konvensional, terlihat pada skor rata-rata hasil belajar fisika pada kelas eksperimen sebesar 20,4 dan skor rata-rata hasil belajar fisika pada kelas kontrol 16,7. Kata kunci : Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Fisika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Jun 2020 07:04
Last Modified: 24 Jun 2020 07:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17730

Actions (login required)

View Item View Item