MINAT SISWA LAKI-LAKI KELAS X TERHADAP PEMBELAJARAN SENI TARI DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI SMA NEGERI 2 WAJO

DARMI DWI ANUGRAH, ANDI (2020) MINAT SISWA LAKI-LAKI KELAS X TERHADAP PEMBELAJARAN SENI TARI DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI SMA NEGERI 2 WAJO. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL ANDI DARMI DWI ANUGRAH.pdf

Download (190kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1. Minat siswa laki-laki kelas X terhadap pembelajaran seni tari di SMA Negeri 2 Wajo, 2. Faktor yang mempengaruhi minat siswa laki-laki kelas X terhadap pembelajaran seni tari di SMA Negeri 2 Wajo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Variabel yang digunakan yaitu Minat Siswa Laki-Laki Kelas X Terhadap Pembelajaran Seni Tari dalam Mata Pelajaran Seni Budaya di SMA Negeri 2 Wajo. Informan dalam penelitian ini berjumlah 12 siswa laki-laki dari kelas X IPA.1 yang diambil melalui teknik purposive sampling, dan salah satu guru seni budaya di SMA Negeri 2 Wajo.Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis data dalam penelitian menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian mengatakan bahwa 1. Pada dasarnya siswa memiliki kesiapan dalam menerima materi seni tari tetapi mereka mengakui adanya keterbatasan dalam hal kemampuan terutama pada kegiatan praktek tari. Namun dalam proses pembelajaran mereka tetap memiliki perhatian dan fokus mengikuti pelajaran, hal ini terlihat ketika guru berhalangan hadir untuk memberikan materi mereka tetap hadir di kelas, 2. Bagi mereka lingkungan sekolah, guru dan keluarga memiliki pengaruh dalam meningkatkan minat belajar mereka. Namun bagi mereka lingkungan masyarakat tidak memiliki pengaruh dalam meningkatkan minat belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 25 Jun 2020 02:45
Last Modified: 25 Jun 2020 02:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17718

Actions (login required)

View Item View Item