EKSISTENSI ORKES KASIDAH AL-MUNAWWARAH SEBAGAI MEDIA HIBURAN DI DESA PATTALLASSANG KECAMATAN PATTALLASSANG KABUPATEN GOWA

ANANDA LESTARI, RIKA (2020) EKSISTENSI ORKES KASIDAH AL-MUNAWWARAH SEBAGAI MEDIA HIBURAN DI DESA PATTALLASSANG KECAMATAN PATTALLASSANG KABUPATEN GOWA. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL RIKA CANTIK.pdf

Download (252kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menjawab masalah (1) Mendeskripsikan tentang eksistensi orkes kasidah Al-Munawwarah di Desa Pattallasang Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa; (2) Mendeskripsikan bentuk penyajian orkes kasidah Al-Munawwarah di Desa Pattallassang Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif . Dalam penelitian ini yang menjadi objek sasaran adalah orkes kasidah Al-Munawwarah sebagai media hiburan di Desa pattallassang Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa. Teknik pengumpulan data adalah studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Orkes kasidah A-Munawwarah didirikan pada tahun 1987 oleh H. Usman Karim Dg. Sitaba (Alm) dan dilanjutkan oleh anaknya sendiri yaitu Syahruddin S. Ag atau yang akrab disapa dengan nama Dg. Solla, Al-Munawwarah memiliki makna yaitu bercahaya. Orkes kasidah Al-Munawwarah dari dulu sampai sekarang masih menjadi kebanggaan sebagai media hiburan masyarakat di Desa Pattallassang Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa.; (2) Bentuk penyajian orkes kasidah Al-Munawwarah meliputi, waktu pertunjukan, tata rias, tata busana, tata cahaya, tata suara, formasi dan alat-alat musik yang digunakan. Kata Kunci : Eksistensi Orkes Kasidah Al-Munawwarah sebagai Media Hiburan, bentuk penyajian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 25 Jun 2020 02:45
Last Modified: 25 Jun 2020 02:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17717

Actions (login required)

View Item View Item