PENERAPAN METODE MOVABLE DO SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN EAR TRATNTNG PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENDRATASTK FAKULTAS SENI DAN DESAIN LTNIVERSITAS NEGEzu MAKASSAR

Ihsan, Andi (2016) PENERAPAN METODE MOVABLE DO SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN EAR TRATNTNG PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENDRATASTK FAKULTAS SENI DAN DESAIN LTNIVERSITAS NEGEzu MAKASSAR. In: Seminar Nasional Lintas Budaya Nusantara, 17 Desember 2016, Makassar.

[img] Text
prosiding seminar nasional lintas budaya nusantara 17 desember 2016.pdf

Download (13MB)
[img] Text
peer reviewer seminar nasional lintas budaya nusantara 17 desember 2016.pdf

Download (909kB)

Abstract

Abstrak Universitas Negeri Makassar sebagi salah satu lembaga pendidikan tinggi di Indonesia yang merupakan hasil konversi dari tnstitut Keguruan dan llmu Pendidikan atau IKIP Ujung Pandang, membina mahasiswa calon pendidik yang profesional dalam berbagai disiplin ilmu yang terbagi dalam beberapa fakultas, rian salah-satu fakultas yang terbilang baru didirikan adalah Fakultas Seni dan Desain. Sebagai salah-satu fakultas yang baru didirikan pada tahun 2007, tentunya masih memiliki banyak kekurangan-kekurangan dalam hal pengajaran, salah-satu diantaranya adalah pengajaran mata kuliah solfegio. Solfegio adalah salah-satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Sendratasik dimana materi yang diajarkan adalah melatih kemampuan musikal mahasiswa secara langsung di dalam menangkap bunyi mulai dari unsur ritme, melodi, maupun harmoni ( progresi dan kualitas akord). Dari hasil pengamatan proses pembelajaran mata kuliah solfegio selama ini, kemampuan rnusikal mahasiswa dalam menangkap unsur ritme sudah cukup bagus, namun dalam hal kemampuan melatih mendengarkan melodi ( ear training), masih sangat kurang. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yakni hampir sebahagian besar mahasiswa berasal dari sekolah-sekolah umum yang memang pada umurnnya kurang mendapatkan pelajaran musik secara spesifik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan sebuah metode dalam melatih kemampuan ear training sehingga mampu meningka&an kemampuan musikal peserta didik di dalam melatih pendengaran (ear training). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah mahasiswa program studi Pendidikan Sendratasik angkatan 2016 yang mengambil mata kuliah Solfegio. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif untuk menjelaskan proses pelaksanaan dan analisis kuantitatif untuk mengukur peningkatan hasil dari penerapan metode terscbut. Hasil dari penelitian ini adalah di dalam penerapannya dilaksanakan berdasarkan indikator kemampuan ritme, melodi, dan harmoni, sedangkan hasil tes menunjukkan bahwa metode tersebut mampu meningkatkan kemampuan musical khususnya di dalam mendengarkan music (ear training). Kata Kunci : Metode, Movable Do, Kemampuan Ear Training

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 21 Jun 2020 06:58
Last Modified: 21 Jun 2020 06:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17701

Actions (login required)

View Item View Item