Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Hipermedia Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Mahasiswa di FMIPA UNM

Amin, Bunga Dara (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Hipermedia Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Mahasiswa di FMIPA UNM. In: Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar " Mega Trend Inovasi dan Kreasi Hasil Penelitian dalam Menunjang Pembangunan Berkelanjutan", 2 Juni 2016, Makassar, Indonesia.

[img] Text (Artikel Prosiding Nasional)
Artikel Prosiding Nasional - Pengembangan perangkat pembelajaran fisika Berbasis hipermedia untuk meningkatkan...pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (Peer Review Artikel Prosiding Nasional)
Peer Review Artikel Prosiding Nasional - Pengembangan perangkat pembelajaran fisika Berbasis Hipermedia...pdf - Published Version

Download (549kB)

Abstract

Abstrak. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Hipermedia untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Mahasiswa di FMIPA UNM. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Hipermedia Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Mahasiswa di FMIPA UNM. Penelitian ini bertujuan menghasilkan suatu perangkat pembelajaran fisika berbasis hypermedia yang valid, menarik, praktis serta efektif. Untuk maksud tersebut, penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan mengacu pada model four-D (4-D) dari S.Thiagarajan yang terdiri tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Subyek uji coba penelitian pada mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika kelas ICP dengan jumlah 30 orang. Hasil penelitian diperoleh berupa perangkat pembelajaran fisika berbasis hypermedia (PPFBH) dengan kategori penilaian valid, menarik, dan praktis serta efektif yang dapat meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa di FMIPA UNM. Hasil penelitian dapat ditunjukkan sebagai berikut: (a) Kevalidan dengan skor rata-rata validasi program hypermedia 91,25%, skor rata-rata validasi materi pada program 95,83%, skor rata-rata validasi buku bacaan mahasiswa 94,79% dan skor rata-rata validasi LKM 97,6%; (b) Kemanarikan terlihat dari respon skor mahasiswa dari aspek daya tarik 92,35% dan aktivitas kinerja mahasiswa per kegiatan ratarata di atas 80%; dan (c) Kepraktisan terlihat dari skor aktivitas kinerja keterlaksanaan perangkat 84,74%,respon skor rata-rata mahasiswa terhadap fasilitas hypermedia 90,35% serta respon mahasiswa terhadap aktivitas dengan mempergunakan hypermedia 91,81%

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Hipermedia, Perangkat Pembelajaran, Aktivitas Belajar Mahasiswa
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Nasrul Ihsan
Date Deposited: 18 Jun 2020 04:08
Last Modified: 29 Dec 2020 07:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17693

Actions (login required)

View Item View Item