Yulianti, Yulianti and Thaief, Ilham and RAHMATULLAH, RAHMATULLAH (2019) Contextual Teaching Learning Dalam Pembelajaran Ekonomi. Pinisi Business Administration Review, 1 (2). pp. 117-124. ISSN 2656-6524
Text
Jurnal Pinisi Business Administration Review.pdf Download (471kB) |
|
Text
1_Contextual Teaching tearning Dalam Pembelajaran ekonomi (1).pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi melalui model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL), pada kompetensi dasar Kegiatan Ekonomi Dalam Memanfaatkan Sumber Daya Alam semester genap tahun pelajaran 2019/2020 dengan subjek penelitian sebanyak 25 siswa.Teknik pengumpulanobservasi pada saat berlangsungnya proses pembelajaran dan tes yang diberikan pada awal dan akhir siklus. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh skor rata-rata untuk siklus I ialah 1305 sedangkan ketuntasan klasikalnya mencapai 20 persen. Dan pada siklus II di peroleh skor rata-rata 1542,5 dengan ketuntasan klasikal 80 persen.Meningkatnya hasil belajarekonomi peserta didik dengan menggunakan model pembelajaranContextual Teaching Learning (CTL)ditandai dengan semakin meningkatnya persentase kategori dari kategori rendah pada siklus I menjadi kategori tinggi pada siklus II. Data hasil observasi menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajarpeserta didik dalam belajar ekonomi pada saat pembelajaran.Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL)dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi di SMAN 2 Camba-Maros. Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL).
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS EKONOMI KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | FAKULTAS EKONOMI |
Depositing User: | Herling HR Sahade |
Date Deposited: | 02 Jun 2020 08:08 |
Last Modified: | 02 Jun 2020 08:08 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17678 |
Actions (login required)
View Item |