Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Quantum Teaching untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Terpadu Siswa SMP Kelas VIII

RUSLAN, ERNI JAYAYANTI (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Quantum Teaching untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Terpadu Siswa SMP Kelas VIII. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ERNI JAYAYANTI RUSLAN.doc

Download (35kB)

Abstract

ABSTRAK ERNI JAYAYANTI RUSLAN. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Quantum Teaching untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Terpadu Siswa SMP Kelas VIII (Dibimbing oleh Kaharuddin Arafah dan Aisyah Azis) Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yaitu Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Quantum Teaching untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Terpadu Siswa SMP Kelas VIII dengan tujuan; (1) untuk memperoleh perangkat pembelajaran; silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), buku ajar siswa, dan lembar kegiatan siswa (LKS), yang sesuai dengan pembelajaran model quantum teaching (2) untuk memperoleh perangkat pembelajaran model quantum teaching yang berkualitas (layak, praktis dan efektif). Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran model quantum teaching ini mengacu pada model pengembangan Thiagarajan, Semmel dan Semmel (model 4-D), yang terdiri dari 4 tahapan yaitu pendefinisian/pembatasan (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (dessiminate). Hasil pengembangan perangkat pembelajaran model quantum teaching menunjukkan bahwa (1) secara umum keseluruhan komponen perangkat pembelajaran model quantum teaching (prototype I) dinyatakan layak, (2) secara umum hasil ujicoba terbatas prototipe II telah memenuhi kriteria kepraktisan dengan hasil pengamatan terhadap keterlaksanaan model pembelajaran model quantum teaching selama ujicoba adalah terlaksana seluruhnya (3) secara umum hasil uji coba terbatas prototip II telah memenuhi kriteria keefektifan dengan hasil pengamatan selama pembelajaran model quantum teaching adalah; persentase respon positif siswa terhadap buku ajar siswa adalah 87 %, persentase respon positif terhadap LKS adalah 87 %, dan persentase respon positif siswa terhadap proses pembelajaran 87 % sehingga penggunaan perangkat model quantum teaching dalam pembelajaran IPA Terpadu dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP IT Al Biruni Makassar. Kata kunci : Pengembangan 4-D, Perangkat Pembelajaran Model Quantum Teaching, Motivasi Belajar, Hasil Belajar IPA Terpadu ABSTRAK ERNI JAYAYANTI RUSLAN. 2014. Development of Learning Tools of Quantum Teaching Model to Improve Motivation and Learning Outcomes of Students in Integrated Science in Class VIII at SMP (supervised by Kaharuddin Arafah and Aisyah Azis) The study is a research and development which aims at abtaining (1) the Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran model quantum teaching ini mengacu pada model pengembangan Thiagarajan, Semmel dan Semmel (model 4-D), yang terdiri dari 4 tahapan yaitu pendefinisian/pembatasan (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (dessiminate). Hasil pengembangan perangkat pembelajaran model quantum teaching menunjukkan bahwa (1) secara umum keseluruhan komponen perangkat pembelajaran model quantum teaching (prototype I) dinyatakan layak, (2) secara umum hasil ujicoba terbatas prototipe II telah memenuhi kriteria kepraktisan dengan hasil pengamatan terhadap keterlaksanaan model pembelajaran model quantum teaching selama ujicoba adalah terlaksana seluruhnya (3) secara umum hasil uji coba terbatas prototip II telah memenuhi kriteria keefektifan dengan hasil pengamatan selama pembelajaran model quantum teaching adalah; persentase respon positif siswa terhadap buku ajar siswa adalah 87 %, persentase respon positif terhadap LKS adalah 87 %, dan persentase respon positif siswa terhadap proses pembelajaran 87 % sehingga penggunaan perangkat model quantum teaching dalam pembelajaran IPA Terpadu dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP IT Al Biruni Makassar. Kata kunci : Pengembangan 4-D, Perangkat Pembelajaran Model Quantum Teaching, Motivasi Belajar, Hasil Belajar IPA Terpadu

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Dec 2016 00:02
Last Modified: 19 Dec 2016 00:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1762

Actions (login required)

View Item View Item