Penerapan Pendekatan PAIKEM Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 2 Mallusetasi Kabupaten Barru Tahun 2014.

HANDAYANI, ELLY (2014) Penerapan Pendekatan PAIKEM Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 2 Mallusetasi Kabupaten Barru Tahun 2014. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ELLY HANDAYANI.doc

Download (30kB)

ABSTRAK ELLY HANDAYANI. Penerapan Pendekatan PAIKEM Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 2 Mallusetasi Kabupaten Barru Tahun 2014. (Dibimbing oleh Maddatuang dan Nasiah Badwi). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menerapkan pendekatan PAIKEM pada kegiatan pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan teknik statistik deskriptif persentase dan analisis inferensial non parametrik dengan uji beda wilcoxon menggunakan program SPSS 21. Hasil yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas ini adalah terdapat perbedaan, baik untuk motivasi maupun hasil belajar siswa, sebelum dan sesudah penerapan pendekatan PAIKEM pada kegiatan pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya motivasi dan hasil belajar siswa secara signifikan, baik untuk siklus pertama maupun untuk siklus kedua. Pada Siklus I sebelum diterapkan pendekatan PAIKEM hasil tes motivasi belajar siswa yaitu 65 persen berada pada kategori sangat tinggi dan selebihnya berada pada kategori cukup dan tinggi. Pada siklus II nilai motivasi belajar yaitu 95 persen siswa berada pada kategori sangat tinggi dan selebihnya berada pada kategori tinggi. Sama halnya dengan motivasi belajar siswa yang mengalami peningkatan, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang cukup baik. Dimana nilai hasil belajar siswa untuk Siklus I yaitu 50 persen siswa berada pada kriteria tinggi dan 50 persen siswa yang berada pada kategori sangat tinggi. Selanjutnya pada Siklus II nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu 30 persen siswa berada pada kriteria tinggi dan 70 persen berada pada kategori sangat tinggi. Berdasarkan uraian dari hasil penelitian di atas, yang menyatakan adanya peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar siswa setelah menerapkan pendekatan PAIKEM, maka penulis memberikan saran agar kiranya pendekatan PAIKEM ini dapat diterapkan untuk mata pelajaran lain bukan hanya untuk mata pelajaran IPS saja. Agar kiranya siswa lebih termotivasi lagi untuk belajar lebih giat, sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif, psikomotorik dan afektif siswa itu sendiri seperti yang diharapkan bersama. ABSTRACT ELLY HANDAYANI. 2014. The Implementation Of PAIKEM Approach In Improving Student’s Motivation of Social Subject at SMP Negeri 2 Mallusetasi in Barru District. (Supervised by Maddatuang and Nasiah Badwi). The study is a Classroom Action Research which aims at examining the difference of motivation and students’ learning result before and after implementing PAIKEM aproach in learning activities. The data of the study were collected through observation, questionnaire, and documentation. Data werw analyzed by employing statistic descriptive percentage analysis and inferential non-parametric analysis with test of difference by Wilcoxon which used SPSS 21 program. The results reveals that there are difference, both the motivation and students’ learning result, before and after the implementation of PAIKEM approach in learning activities, proved by significant improvement of motivation and students’ learning result in both sycle, cycle I and cycle II. At cycle I before PAIKEM is implemented, the students’ learning motivation is 65 percent in category of extremely high and the rest in fair and high categories. At cycle II, students’ learning motivation is 95 percent in the category of extremely high and the rest in high category. Similarly, the students’ learning result is also improve fairly well that at cycle I 50 percent of students is in the be category of high and 50 percent is in extremely high category. At cycle II, students’ learning result improves to 30 percent which is in high category and 70 percent is in extremely high category. Based on the results of the study, the researcher proposes suggestions that PAIKEM approach should be implemented to other subjects not only to social subject and students should get motivated to learn more in order to improve their cognitive, psychomotor, and affective competence.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Dec 2016 00:00
Last Modified: 19 Dec 2016 00:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1761

Actions (login required)

View Item View Item