Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Pengelolaan Limbah Bengkel Kendaraan Bermotor Berwawasan Lingkungan di Kota Makassar

Sunardi, Sunardi (2015) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Pengelolaan Limbah Bengkel Kendaraan Bermotor Berwawasan Lingkungan di Kota Makassar. In: Seminar Nasional 2015 Lembaga Penelitian UNM "Optimalisasi Hasil-hasil Penelitian Dalam Menunjang Pembangunan Berkelanjutan", 13 Juni 2015, Makassar, Indonesia.

[img]
Preview
Text (Artikel Prosiding Seminar Nasional)
Artikel Prosiding Seminar Nasional - Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Perilaku....pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review Artikel Prosiding Seminar Nasional)
Peer Review - ANALISIS FAKTOR-FAKTOR.pdf - Published Version

Download (964kB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis pengaruh faktor pendidikan pengelola bengkel, pengetahuan tentang pencemaran, dan kepatuhan pada peraturan lingkungan, terhadap motivasi pada kebersihan lingkungan, selanjutnya mengetahui pengaruhnya terhadap perilaku dalam pengelolaan limbah bengkel kendaraan bermotor berwawasan lingkungan. Penelitian ini menggunakan survey dengan pendekatan kuantitatif dalam pengujian hipotesis. Untuk mencapai tujuan penelitian ini digunakan teori perilaku yang diperoleh dari studi pustaka (library research), angket/tes yang diberikan pada 200 orang pengelola bengkel sebagai responden tersebar pada 14 kecamatan di Kota Makassar, data dokumentasi, observasi (pengamatan), dilakukan Focus Group Discussion (FGD), dan wawancara mendalam yang melibatkan seluruh stakeholder dan pakar dalam bidang lingkungan. Hasil penelitian berdasarkan analisis SEM, menunjukkan bahwa variabel pendidikan (X1), pengetahuan (X2), dan kepatuhan (X3) berpengaruh langsung dan signifikan terhadap motivasi (Y1), kemudian variabel pendidikan (X1), pengetahuan (X2), dan kepatuhan (X3) juga berpengaruh langsung dan signifikan terhadap perilaku (Y2) selanjutnya variabel motivasi (Y1) berpengaruh secara langsung terhadap perilaku (Y2). Hal ini ditandai dengan diperolehnya nilai P-value > 0.05.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Pengelolaan Limbah Bengkel Kendaraan Bermotor
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: S.T., M.T. Faruq Ratuhaji
Date Deposited: 28 Mar 2020 03:09
Last Modified: 29 Mar 2020 03:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17515

Actions (login required)

View Item View Item