Hubungan Pengetahuan Teori dengan Praktik Pengalasan Siswa SMK

Sunardi, Sunardi and Mandra, Moh Ahsan S (2018) Hubungan Pengetahuan Teori dengan Praktik Pengalasan Siswa SMK. In: SEMINAR NASIONAL Asosiasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Indonesia (APTEKINDO) 2018 "Revitalization of Technical and Vocational Education to Face Industrial Revolution 4.0", 11 - 14 Juli 2018, Surabaya, Indonesia.

[img]
Preview
Text (Artikel Prosiding Seminar Nasional)
Artikel Prosiding Seminar Nasional - Hubungan Pengetahuan Teori dengan Praktik Pengelasan Siswa SMK.pdf - Published Version

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review Artikel Prosiding Seminar Nasional)
Peer Review - ProsidingNasionalAptekindo2018.pdf - Published Version

Download (984kB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan teori dengan keterampilan praktik pengelasan siswa pada mata pelajaran pengelasan, Jurusan Teknik Perbaikan Bodi Otomotif SMK Negeri 2 Bungoro tahun ajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah siswa Jurusan Teknik Perbaikan Bodi Otomotif dengan jumlah 130 orang. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 31 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes pengetahuan, observasi praktik dan dokumentasi. Hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan korelasi product moment diperoleh hubungan variabel pengetahuan teori dengan variabel hasil praktik pengelasan dengan koefisien korelasi sebesar r = 0,64. Pada hasil pengujian hipotesis menggunakan korelasi product moment dimana r hitung > r tabel yakni (0,64 > 0,355) hal ini membuktikan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan teori dengan praktik pengelasan pada mata pelajaran pengelasan siswa jurusan Teknik Perbaikan Bodi Otomotif.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan; Praktik; Pengelasan.
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: S.T., M.T. Faruq Ratuhaji
Date Deposited: 28 Mar 2020 06:26
Last Modified: 29 Mar 2020 06:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17513

Actions (login required)

View Item View Item