Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Sugestif dengan Menggunakan Metode Karyawisata Siswa Kelas X SMK Panca Marga Makassar.

WAROYAH, WAROYAH (2015) Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Sugestif dengan Menggunakan Metode Karyawisata Siswa Kelas X SMK Panca Marga Makassar. S1 thesis, UNIVESITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
WAROYAH. 2015.doc

Download (30kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mengkaji; (1) pelaksanaan pembelajaran menulis narasi sugestif dengan menggunakan metode karyawisata siswa Kelas X SMK Panca Marga Makassar, dan (2) hasil pembelajaran menulis narasi sugestif dengan menggunakan metode karyawisata siswa Kelas X SMK Panca Marga Makassar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan kelas. Tindakan dilaksanakan selama dua siklus dengan rincian dua kali pertemuan setiap siklus. Data penelitian berupa data proses diperoleh melalui teknik observasi dan data hasil menulis karangan narasi sugestif. Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X SMK Panca Marga Makassar. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi dan penilaian kemampuan menulis narasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada (1) proses penerapan metode karyawisata. Hal tersebut tampak pada perilaku guru dengan kategori sangat baik dan peningkatan frekuensi keaktifan siswa siklus I dan siklus II, (2) hasil pembelajaran menulis narasi sugestif dari siklus I ke siklus II. Hal tersebut tampak dari nilai yang diperoleh siswa pada siklus I 25 (73,5%) siswa memperoleh nilai di atas 70 dan 9 (26,4%) berada di bawah 70. Pada siklus II, nilai yang diperoleh siswa meningkat. 29 (85,2%) siswa memeperoleh angka di atas 70 dan 5 (14,7%) siswa berada di bawah angka 70. Pada siklus II, penilaian hasil menulis narasi sugestif siswa telah memenuhi standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang digunakan guru bahasa Indonesia di sekolah tersebut yakni 75%. Oleh karena itu, pembelajaran kemampuan menulis narasi sugestif melalui penerapan metode karyawisata siswa kelas X SMK Panca Marga Makassar dinyatakan berhasil dan menunjukkan peningkatan yang signifikan. Kata Kunci: Narasi Sugestif, karyawisata, peningkatan. ABSTRACT WAROYAH. 2015. Improvement of Suggestive Narration Writing Skill Using Study Tour Method of Grade X Students at SMK Panca Marga Makassar (supervised by Achmad Tolla and Ramly). This classroom action research aims at discovering (1) the implementation of suggestive narration writing learning using study tour method of grade X students at SMK Panca Marga Makassar and (2) the learning result of suggestive narration writing using study tour method of grade X students at SMK Panca Marga Makassar. The research design used is classroom action research. The action is conducted in two cycles, twice in each cycle. The research data is obtained through observation. The data sources of the study are teacher and students of grade X at SMK Panca Marga Makassar. The instruments used are observation sheet and assessment of students narration writing skill. The result of study reveal that there is improvement on (1) the implementation process using study tour method, proved by the teacher’s behavior which is in very good category and the improvement of students’ activeness in cycle I and cycle, (2) the learning result of suggestive narration writing learning in cycle I and cycle II, proved by the students’ scores in cycle which shows that 25 (73,5%) students obtain the score above 70 and 9 (26,4%) students obtain the score below 70. In cycle II, the assessment result of suggestive narration writing skill of students has met the standard of minimal completeness criteria (KKM) used by Bahasa Indonesia teachers in school, which is 75%. Therefore, the suggestive narration writing skill learning using the implementation of study tour method of grade X students at SMK Panca Marga Makassar is confirmed as successful and indicates significant improvement. Keywords: suggestive narration, study tour, improvement.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Dec 2016 07:04
Last Modified: 13 Dec 2016 07:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1750

Actions (login required)

View Item View Item