KEEFEKTIFAN MODEL ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARANMEMBACA NASKAH DRAMASISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TANETERILAU KABUPATEN BARRU

ROSIDA, NURLINA (2019) KEEFEKTIFAN MODEL ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARANMEMBACA NASKAH DRAMASISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TANETERILAU KABUPATEN BARRU. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
NURLINA ROSIDA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurlina Rosida 2019. Keefektifan Model Role Playing dalam Pembelajaran Membaca Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru. (Dibimbing oleh Achmad Tolla dan Salam). Tujuan penelitian untuk (1) mendeskripsikan kemampuan membaca naskah drama dengan menggunakan model role playing siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru; (2) mendeskripsikan kemampuan membaca naskah drama menggunakan model konvesional siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru, dan (3) membuktikan perbedaan keefektifan model role playing dan model konvensinal dalam pembelajaran membaca naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru. Penelitian ini merupakan penelitian praeksperimen. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru yang berjumlah 173 siswa. Penarikan sampel dengan menggunakan teknik Random Sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII2 dan VIII5 sebanyak masing-masing 30 siswa. Desain penelitian ini menggunakan Randomized Pretest-posttest Group Design. Teknik pengumpulan data, yaitu data hasil belajar siswa posttest dengan menggunakan model role playing pada kelas eksperimen satu dan konvensional pada kelas eksperimen dua terhadap keterampilanmembaca naskah drama. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterampilan membaca naskah drama dengan menerapkan model role playing berada pada kategori sangat efektif. Dari 30 siswa, hanya 1 siswa yang tidak mencapai KKM; (2) keterampilan membaca naskah drama dengan menerapkan model konvensioanl berada pada kategori efektif. Dari 30 siswa, hanya 14 siswa yang tidak mencapai KKM, dan (3) Dari hasil analisis statistik inferensial, diperoleh nilai thitung= 6,179, sedangkan ttabel= 1,67155 atau 6,179> 1,67155. Hal tersebut membuktikan H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara model konvensional dan Role Playing. Kata kunci : Keterampilan Membaca, Naskah drama, Model Role Playing, dan Model Konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN BAHASA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 17 Mar 2020 08:07
Last Modified: 17 Mar 2020 08:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17486

Actions (login required)

View Item View Item