PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA (SENI KRIYA LOGAM) DI SMK NEGERI 3 BIMA

MUHAIMIN, MUHAIMIN (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA (SENI KRIYA LOGAM) DI SMK NEGERI 3 BIMA. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
4 Artikel Jurnal.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penerapan model pembelajaran berbasis proyek atau Project Based Learning (PjBL) dalam mata pelajaran seni rupa melalui seni kriya logam di SMK Negeri 3 Bima. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berbasis project based learning (PjBL) dalam pelajaran seni rupa melalui seni kriya logam di SMK Negeri 3 Bima.. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif dan survey. Penelitian deskriptif kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang diamati. Pendekatan diarahkan pada latar dan individu secara utuh. Penelitian ini berupaya mendeskripsikan, mencatat, menganalisis dan menginterpretasikan kondisikondisi yang terjadi, dengan kata lain penelitian deskripsi bertujuan untuk memperoleh informasi- informasi mengenai keadaan saat ini dan melihat kaitan antara variabel yang ada, hanya mendeskripsikan informasi apa adanya sesuai dengan variabel yang diteliti yaitu tentang pembelajaran berbasis proyek dalam pelajaran seni rupa melalui seni kriya logam di SMK Negeri 3 Bima. Data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka. Data dalam penelitian ini berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, foto, dokumen pribadi dan dokumen resmi lainnya. Data penelitian diperoleh berdasarkan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran seni rupa di SMK Negeri 3 Bima, khususnya pembelajaran berbasis proyek melalui seni kriya logam. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) persipan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek melalui seni kriya logam dikategorikan baik. (2) pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek melalui seni kriya logam dikategorikan baik dengan presentase kinerja sebesar 76%. (3) evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek melalui seni kriya logam dikategorikan baik. Kata Kunci: Model pembeljaran, Seni kriya logam, PJbL.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN SENI RUPA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 17 Mar 2020 07:10
Last Modified: 17 Mar 2020 07:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17485

Actions (login required)

View Item View Item