PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PENCAPAIAN MINAT DAN HASILBELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SAINS SMA NEGERI 4 PINRANG

Nurhawa, Nurhawa (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PENCAPAIAN MINAT DAN HASILBELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SAINS SMA NEGERI 4 PINRANG. S1 thesis, UNIVESITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Nurhawa 2014.doc

Download (176kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk memperoleh informasi tentang perangkat pembelajaran berbasis masalah terhadap pencapaian minat belajar fisika, (2) untuk mengungkapkan seberapa besar minat belajar fisika, (3) untuk mengungkapkan seberapa besar hasil belajar fisika, (4) untuk mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran berbasis masalah. Produk yang dikehendaki dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran fisika yang valid dan reliabel. Produk tersebut terdiri dari 4 komponen, yaitu (1) RPP; (2) Buku bacaan peserta didik; (3) Lembar kerja peserta didik; (4) Tes hasil belajar. Proses pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan modifikasi model 4-D dari Thiagarajan. Ujicoba dilakukan di SMA Negeri 4 Pinrang Kabupaten Pinrang pada peserta didik kelas X Sains 1. Hasil yang diperoleh pada uji coba tersebut adalah pengembangan perangkat pembelajaran fisika yang valid dan reliabel. Sebagai implikasi yang diperoleh dari perangkat ini, disarankan: (1) kepada pendidik Fisika untuk dapat menggunakan perangkat ini pada materi Fluida statik, (2) untuk keperluan pengembangan selanjutnya, pendidik diharapkan dapat mengembangkan sendiri perangkat pembelajaran (RPP, buku bacaan peserta didik, lembar kerja peserta didik dan tes hasil belajar) yang disesuaikan dengan pembelajaran berbasis masalah. Sehingga peserta didikakan lebih termotivasi dan berminat serta dapat mengkonstruksi sendiri ide/ pengetahuannya sesuai dengan kurikulum 2013. Kata kunci: Pembelajaran berbasis masalah, Pencapaian minat belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Evaluasi Pendidikan
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Dec 2016 06:58
Last Modified: 13 Dec 2016 06:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1748

Actions (login required)

View Item View Item