Pengaruh Penggunaan Model Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom terhadap Hasil Belajar Matematika (Penelitian Eksperimen Semu pada Siswa SMA Negeri Kelas X di Kota Makassar)

Purnomo, M. Panji (2020) Pengaruh Penggunaan Model Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom terhadap Hasil Belajar Matematika (Penelitian Eksperimen Semu pada Siswa SMA Negeri Kelas X di Kota Makassar). Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
Artikel (M Panji Purnomo_1511041002).pdf

Download (267kB) | Preview

Abstract

Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengkaji: (1) hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran flipped classroom berbantuan Google Classroom pada kelas perlakuan; (2) hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran konvensional pada kelas pembanding; (3) apakah penggunaan model flipped classroom berbantuan Google Classroom memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika dibandingkan dengan penggunaan pembelajaran konvensional pada siswa SMA Negeri kelas X di Kota Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri di Kota Makassar pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Peneliti menggunakan teknik sampling secara kluster (cluster random sampling) untuk pengambilan sampel, yakni memilih dua sekolah dari populasi dan menentukan kelas perlakuan dan kelas pembanding. Data diperoleh dari hasil observasi dan tes hasil belajar. Data dianalisis menggunakan analisis statistika deskriptif dan inferensial. Hasil dari analisis statistika deskriptif adalah, bahwa rata-rata hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran online lebih tinggi daripada metode pembelajaran konvensional. Hasil dari analisis statistika inferensial adalah, bahwa hasil belajar matematika yang dicapai pada penggunaan model pembelajaran flipped classroom berbantuan Google Classroom lebih baik (berpengaruh positif) daripada dengan hasil belajar yang dicapai pada penggunaan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Google Classroom, Pembelajaran Flipped Classroom, Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 17 Mar 2020 04:39
Last Modified: 17 Mar 2020 04:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17479

Actions (login required)

View Item View Item