PENGARUH MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN SEKTOR PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

HERLINA, HERLINA (2020) PENGARUH MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN SEKTOR PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI HERLINA 1492040020_PENDIDIKAN AKUNTANSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Herlina, 2020. Pengaruh Modal Kerja terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Sektor Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Makassar. (Pembimbing: Drs. H. M. Anwar Kadir, M.Ak, Dra. Sitti Hajerah Hasyim, M.Si) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal kerja terhadap profitabilitas pada perusahaan sektor Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2015-2017. Variabel independen dalam penelitian ini adalah modal kerja (X) diukur dengan rasio net working capital yang membandingkan penjualan dan modal kerja bersih dengan satuan ukur kali, dimana modal kerja bersih hasil dari aktiva lancar dikurangi dengan hutang lancar. Variabel dependen dalam penelitian adalah profitabilitas (Y) diukur dengan rasio net profit margin yang membandingkan laba bersih dan penjualan bersih dengan satuan ukur persentase. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh perusahaan sektor Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang berjumlah 45 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan sampel sebanyak 13 perusahaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear sederhana, koefisien determinasi, uji normalitas dan uji-t, dengan program SPSS (Statistic Product and Service Solution) 24,0 For windows. Hasil penelitian ini menunjukkan pada persamaan analisis regresi linear sederhana diperoleh persamaan Ŷ = 34.514 + 4.237 X, artinya setiap penambahan satu nilai modal kerja, maka nilai profitabilitas bertambah sebesar 4.237. Hasil analisis uji-t diperoleh nilai signifikan 0,01 < taraf signifikan 0,05, berarti perputaran modal kerja berpengaruh secara signifikan terhadap profitabilitas sehingga dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hipotesis penelitian diterima. Hasil koefisien determinasi R2 = 0,619 yang menunjukkan bahwa perputaran modal kerja berpengaruh terhadap profitabilitas sebesar 61,9% sedangkan sisanya 38,1% dipengaruhi oleh factor-faktor selain perputaran modal kerja. Kata kunci:

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 16 Mar 2020 08:07
Last Modified: 16 Mar 2020 08:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17472

Actions (login required)

View Item View Item