MISNAWATI, MISNAWATI (2020) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 MAKASSAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.
|
Text
Jurnal - Misnawati - Pendidikan Akuntansi.pdf Download (551kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap kesulitan belajar siswa program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah motivasi belajar sebagai variabel bebas dan kesulitan belajar sebagai variabel terikat. Populasinya seluruh siswa program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Makassar yang terdiri dari 414 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan sampel sebanyak 80 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen yang terdiri atas uji validitas dan uji reliabilitas, dan uji hipotesis yang terdiri atas analisis regresi linear sederhana, uji-t, serta koefisien determinasi dengan menggunakan SPSS versi 25 for windows.Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka diperoleh model persamaan regresi linear sederhana Y=71,776-0,601X yang berarti tiap penambahan 1 nilai motivasi belajar, maka nilai kesulitan belajar siswa mengalami penurunansebesar 0,601. Dari hasil analisis koefisien determinasi (r2) diperoleh nilai r2 = 15,7% yang berarti motivasi belajar siswa memiliki kontribusi terhadap kesulitan belajar siswa sebesar 15,7 persen dan sisanya 84,3 persen dipengaruhi oleh faktor lain. Sementara dari hasil analisis uji-t diperoleh nilai signifikan 0,000<0,05 yang berarti motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap kesulitan belajar siswa, dengan demikian hipotesis diterima. Kata kunci : Motivasi Belajar, Kesulitan Belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi |
Divisions: | FAKULTAS EKONOMI |
Depositing User: | Pustakawan Amaluddin Zaihal |
Date Deposited: | 16 Mar 2020 06:47 |
Last Modified: | 16 Mar 2020 06:47 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17471 |
Actions (login required)
View Item |