Pengembangan Media Pembelajaran Word Square berbasis Komputer pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Babul Khaer Kalumeme Bulukumba,

INDAH, NUR (2015) Pengembangan Media Pembelajaran Word Square berbasis Komputer pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Babul Khaer Kalumeme Bulukumba,. S2 thesis, UNIVESITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
NUR INDAH, 2015..doc

Download (29kB)

ABSTRAK , 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Word Square berbasis komputer. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas VII Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Babul Khaer Kalumeme Bulukumba. Media word square berbasis komputer ini telah diuji coba terbatas sebanyak 26 orang siswa. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: (1) tahap analysis, (2) tahap design, (3) tahap development, (4) tahap implementation, (5) evaluation. Pada prosedur pengembangan ini, peneliti hanya sampai pada tahap development yaitu proses produksi, validasi, dan uji coba. Media pembelajaran word square berbasis komputer yang telah dikembangkan, telah divalidasi oleh pakar sehingga didapatkan hasil yang layak digunakan. Data Hasil penelitian dianalisa dengan metode deskriptif menunjukkan bahwa pembelajaran word square berbasis komputer bersifat valid dan praktis. Uji coba dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Babul Khaer Kalumeme Bulukumba untuk melihat kepraktisan media pembelajaran word square berbasis komputer, dikatakan praktis karena telah memenuhi kriteria kepraktisan, dengan hasil pada umumnya respon guru dan siswa baik terhadap media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran. Dengan demikian maka hasil penelitian ini dapat digunakan dan dikembangkan dalam proses pembelajaran khususnya pada siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Babul Khaer Kalumeme Bulukumba. Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Word Square. ABSTRACT NUR INDAH. 2015. Developing Computer-based Learning Media of Word Square on Social Subject of Class VII Students at Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Babul Khaer Kalumeme in Bulukumba (supervised by Hasaruddin Hafid and Nurhikmah). The study aims at developing computer-based learning media of Word Square. The subjects of the study are students and the teacher of class VII at Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Babul Kaher Kalumeme in Bulukumba. The computer-based media Square have been tested limitedly to 26 students. The development used is ADDIE Model which consist of 5 steps, namely (1) analysis (2) design (3) development (4) implementation, and (5) evaluation. At the development procedure, the researcher had conducted until the development step, which is production, validation, and test. Computer-based learning media of Word Square developed had been validated by the experts so the feasible result is obtained. The result of data analysis which is analyzed using descriptive method indicates that the computer-based learning media of Word Square is valid and practical. The test is conducted at Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Babul Kaher Kalumeme in Bulukumba to examine the practicality of computer-based learning media of Word Square. It is stated aspractical because it has met the practicality criteria with the result that the teacher and students’ responses are good toward the learning media used in learning process, particulary to the student of Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Babul Kaher Kalumeme in Bulukumba. Keywords: development, learning media, Word Square

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN ILMU SOSIAL - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Dec 2016 06:57
Last Modified: 13 Dec 2016 06:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1747

Actions (login required)

View Item View Item