Bastiana, Bastiana (2014) PERANAN MEDIA DALAM KONSTRUKSI SOSIAL PENDIDIKAN INKLUSI DI SD MUTIARA BUNDA BANDUNG. Jurnal KurTekPen, Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, 2 (1). ISSN 2337-425X
|
Text
Peranan Media (Jurnal Kurtekpen).pdf Download (178kB) | Preview |
Abstract
Keberhasilan SD Mutiara Bunda dalam menyatukan anak normal dan anak berkebutuhan khusus dalam suatu lingkungan yang inklusif menjadi latar belakang dari penelitian ini. Banyak faktor yang berperan dalam keberhasilan SD Mutiara Bunda dalam menyelenggarakan pendidikan inklusi, salah satunya adalah media. Bagaimana peran media dalam proses konstruksi sosial pendidikan inklusi di SD Mutriara Bunda Bandung? Jenis penelitian yang dapat mengungkap peran media dalam proses konstruksi pendidikan inklusi adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian, yaitu SD Mutiara Bunda kota Bandung dipilih secara purposive dengan pertimbangan melihat keberhasilan Mutiara Bunda dalam menyelenggarakan pendidikan inklusi. Fokus penelitian adalah peranan media dalam membantu proses konstruksi sosial dalam layanan pendidikan inklusi. Teknik pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Kesimpulan yang ditarik adalah media berkonstribusi dalam membantu pemahaman siswa sehingga proses konstruksi sosial dalam pendidikan dapat berlangsung dengan cepat.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | Dr Bastiana Bastiana |
Date Deposited: | 02 Apr 2020 08:08 |
Last Modified: | 02 Apr 2020 08:08 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17467 |
Actions (login required)
View Item |