KONSTRUKSI SOSIAL PENDIDIKAN INKLUSI

Bastiana, Bastiana (2012) KONSTRUKSI SOSIAL PENDIDIKAN INKLUSI. Jurnal Ilmiah SATRIA Seri Ilmu Pengetahuan Sosial, XIII. pp. 135-171. ISSN 2085-5125

[img] Text
KONSTRUKSI SOSIAL PENDIDIKAN INKLUSI.docx

Download (32kB)

Abstract

Pendidikan inklusi merupakan sauatu pendekatan pendidikan yang inovatif dan strategis untuk memperluas akses pendidikan bagi semua anak berkebutuhan khusus. Dalam konteks yang lebih luas, pendidikan inklusi juga dapat dimaknai sebagi satu bentuk reformasi pendidikan yang menekankan sikap anti diskriminasi, perjuangan persamaan hak dan kesempatan, keadilan, dan perluasan akses pendidikan bagi semua, peningkatan mutu pendidikan, upaya strategis dalam menuntaskan wajib belajar 9 tahun, serta upaya merubah sikap masyarakat terhadap anak berkebutuhan khusus. pendidikan inklusi di sekolah dibangun secara sosial karena pendidikan inklusi adalah sebuah fenomena yang dibentuk oleh adanya tindakan sosial, dimana siswa mendapatkan pengetahuan melalui sosialisasi diantara mereka sehingga menjadi komunitas tertentu dalam nuansa proses belajar mengajar. Pendidikan inklusi merupakan produk tindakan sosial baik sebagai realitas objektif maupun realitas subjektif. Konstruksi sosial yang dimaksud bukan konstruksi sosial untuk menggambarkan siswa berkebutuhan khusus sebagai orang lain, tetapi sebagai bagian integral dari dunia normal.

Item Type: Article
Subjects: PASCASARJANA > SOSIOLOGI - (S3)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Dr Bastiana Bastiana
Date Deposited: 02 Apr 2020 08:08
Last Modified: 02 Apr 2020 08:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17466

Actions (login required)

View Item View Item