Evaluasi Program Pembelajaran PKn di SMK Negeri 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng,

MARHAMIN., MARHAMIN. (2015) Evaluasi Program Pembelajaran PKn di SMK Negeri 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng,. S2 thesis, UNIVESITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
MARHAMIN, 2015.doc

Download (64kB)

ABSTRAK Dibimbing oleh Patahuddin dan Triyanto Pristiwaluyo) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran PKn di SMK Negeri 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng dengan standar proses. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng dengan metode analisis secara kualitatif bersifat deskriptif. Data yang dikaji dalam penelitian ini bersumber dari guru yang mengajar mata pelajaran PKn, data dari kepala sekolah/wakil kepala sekolah urusan kurikulum, serta data dari siswa mengenai tanggapannya terhadap kondisi pembelajaran PKn. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, observasi, wawancara, dan studi dokumen. Kriteria penilaian sebagai tolok ukur evaluasi dalam penelitian ini merujuk pada acuan standar proses. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara induktif, yaitu data yang diperoleh di lapangan secara lansung dipelajari, dianalisis, kemudian membuat penafsiran dan menarik kesimpulan. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang dikonversikan ke data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan proses pembelajaran PKn di SMK Negeri 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng dinyatakan memenuhi ukuran penilaian sesuai standar proses, (2) pelaksanaan proses pembelajaran PKn di SMK Negeri 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng dinyatakan memenuhi ukuran penilaian sesuai standar proses, dan (3) penilaian hasil pembelajaran peserta didik pada pembelajaran PKn di SMK Negeri 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng dinyatakan memenuhi ukuran penilaian sesuai standar proses. Namun demikian masih terdapat kriteria standar proses yang belum sepenuhnya terlaksana, baik pada proses perencanaan, proses pelaksanaan, maupun pada penilaian hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PKn. Disarankan kepada penentu kebijakan agar dapat mengimplementasikan penjabaran kriteria standar proses secara keseluruhan terhadap guru PKn di SMK Negeri 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng, sehingga menjadi suatu model pembelajaran PKn yang berstandar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN ILMU SOSIAL - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Dec 2016 06:53
Last Modified: 13 Dec 2016 06:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1745

Actions (login required)

View Item View Item