PENGARUH PENGETAHUAN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA(K3) TERHADAP SIKAP KESADARAN BERPRILAKU K3 PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

PRASATYA, RANDA (2020) PENGARUH PENGETAHUAN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA(K3) TERHADAP SIKAP KESADARAN BERPRILAKU K3 PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
02.JOURNAL.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh pengetahuan kesehatan dan keselamatan kerja terhadap sikap kesadaran berprilaku K3 pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Makassar. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional, dengan menggunakan dua jenis variabel yaitu Pengetahuan kesehatan dan keselamatan kerja (X) dan Sikap kesadaran berprilaku K3 (Y). Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 105 mahasiswa aktif dan Teknik Sampel yang digunakan adalah Random Sampling sebanyak 83 Responden Mahasiswa aktif Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen soal tes dan kuesioner dengan ketetapan skala dikotomi dan likert. Kemudian data dianalisis pada taraf signifikan 5% dengan menggunakan uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Selanjutnya hasil pengujian hipotesis menunjukkan koefisien korelasi X dan Y (rxy) sebesar 0,715 atau 51,12. Selanjutnya data dikonsultasikan dengan tabel interpretasi maka nilai koefisien korelasi (rxy) berada pada kategori korelasi Kuat. Sehingga hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengetahuan kesehatan dan keselamatan kerja terhadap sikap kesadaran berprilaku K3 pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin sebesar 51,12%. Sedangkan sisanya ialah 48,88% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelititan ini Kata Kunci: Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Sikap, Perilaku K3.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Mesin
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 10 Mar 2020 04:59
Last Modified: 10 Mar 2020 04:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17425

Actions (login required)

View Item View Item