PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN ADMINISTRASI INFRASTRUKTUR JARINGAN BERBASIS FRAMEWORK CODEIGNITER PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK

Ali Akbar, Ali (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN ADMINISTRASI INFRASTRUKTUR JARINGAN BERBASIS FRAMEWORK CODEIGNITER PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN.pdf

Download (603kB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan aplikasi perangkat pembelajaran berbasis Framework Codeigniter yang dapat diakses secara online maupun offline (localhost) pada mata pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan Paket keahlian Teknik Komputer dan Jaringan Menguji penerapan aplikasi perangkat pembelajaran berbasis Framework Codeigniter yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode pengembangan yang dikemukakan oeh Borg & Gall. Subyek penelitian ini adalah siswa SMK Telkom Makassar. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data validasi dari segi media dan materi, data ke efektifan dari proses belajar peserta didik melalui observasi, data kepraktisan dari tanggapan pendidik dan peserta didik melalui angket. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Validasi para ahli mengenai aplikasi perangkat pembelajaran berbasis Framework Codeigniter dari segi media dan materi sangat layak untuk digunakan. Kepraktisan terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan untuk pendidik dan peserta didik adalah sangat baik Tanggapan peserta didik mengenai aplikasi perangkat pembelajaran berbasis Framework Codeigniter yang dikembangkan pada ujicoba produk utama memberikan tanggapan yang sangat baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Perangkat pembelajaran, Framework Codeigniter, Administrasi Infrastruktur Jaringan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi > Pendidikan dan Kejuruan (S2)
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi > Pendidikan dan Kejuruan (S2)
PASCASARJANA > Pendidikan dan Kejuruan (S2)
PASCASARJANA > Pendidikan dan Kejuruan (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 10 Mar 2020 04:03
Last Modified: 10 Mar 2020 04:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17423

Actions (login required)

View Item View Item