PENGARUH TUGASTERSTRUKTURPADAPEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP WAHYU MAKASSAR

Safitri, Dewi (2015) PENGARUH TUGASTERSTRUKTURPADAPEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP WAHYU MAKASSAR. S1 thesis, UNIVESITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Dewi Safitri.doc

Download (1MB)

Abstract

Dewisafitri30987@gmail.com Muhammadjufri@unm.ac.id dan Muddin_wbk02@yahoo.com Abstrak: Pengaruh Tugas Terstruktur Pada Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII SMP Wahyu Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui pengaruh tugas terstruktur pada Pembelajaran Berbasis Masalah ( Problem Based Learning ) terhadap aktivitas belajar IPA siswa kelas VII SMP Wahyu Makassar, (2) untuk mengetahui pengaruh tugas terstruktur pada Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP Wahyu Makassar. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Wahyu Makassar semester genap tahun ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (Random sampling) dan didapatkan dua dari empat rombongan belajar yang mempunyai karakteristik yang sama (bersifat homogen) sehingga didapatkan rombongan belajar VII B sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 30 siswa dan VII A sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 30 siswa. Analisis data dalam peneitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan uji hipotesis yaitu Uji-t signifikansi 0,05. Hasil uji statistik untuk aktivitas diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 berarti H0 ditolak atau H1 diterima dan hasil statistik untuk hasil belajar siswa diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05, berarti H0 ditolak atau H1 diterima. Hal ini menjelaskan bahwa Tugas terstruktur pada Pembelajaran Berbasis Masalah berpengaruh secara signifikan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Tugas Terstruktur, Pembelajaran Berbasis Masalah, Aktivitas, Hasil Belajar. Abstrack: The Influence of Structured Tasks in Problem Based Learning towards Class VII Students’ Activities and Science Learning Outcomes at SMP Wahyu Makassar This research aims at examining (1) the influence of structured task in the problem based learning towards class VII students’ activities at SMP Wahyu Makassar, (2) the influence of structured task in the problem based learning towards class VII students’ learning outcomes at SMP Wahyu Makassar. The kind of research is quasi experiment research. The population in this research was all class VII students at SMP Wahyu Makassar of the first semester of 2014/2015 academik year. The sampling technique used was random sampling and obtained two of four study groups which had the same characteristics (homogen), namely study group VII B as the control class and VII A as the experiment class. The data analysis in this research used descriptive-statistic analysis and inferensial-statistic analiysis with hypothesis test t-test at significance 0,05. The result of statistical test for the activity obtained significance value 0.005 < 0,05 meaning that Ho was rejected or H1 was accepted. This indicated that structured tasks in Problem Based Learning was gave significant influence to the students’ activities and learning outcomes. Keywords: structured tasks, problem based learning, activities, students learning outcomes.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Evaluasi Pendidikan
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Dec 2016 06:48
Last Modified: 13 Dec 2016 06:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1742

Actions (login required)

View Item View Item