Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Fisika Menggunakan APPYPIE di SMK Armida Abdulladin Polewali Mandar

Bahri, Syamsul and Sidin, Udin Sidik and H. Ruslan, H. Ruslan (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Fisika Menggunakan APPYPIE di SMK Armida Abdulladin Polewali Mandar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
jurnal revisi.pdf

Download (545kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan media pembelajaran berbasis androidmenggunakan online builder appypie pada materi Gerak dan Gaya di SMK Armida Abdulladin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) menggunakan model Dick and Carey yang terdiri dari tahapan menentukan tujuan pembelajaran, melakukan analisis pembelajaran, mengidentifikasi karakteristik siswa, merumuskan tujuan pembelajaran, mengembangkan instrumen penilaian, mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran, mendesain dan melaksanakan evaluasi formatif, dan merevisi produk pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan Multimedia SMK Armida Abdulladin. Data penelitian diperoleh dari hasil angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, dan angket tanggapan siswa. Hasil dari tingkat kelayakan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan tanggapan atau respon siswa. Hasil penilaian media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi mendapatkan nilai 4,48 dengan kategori sangat baik, penilaian ahli media mendapatkan nilai 3,97 dengan kategori baik, serta hasil uji coba media pembelajaran appypie mendapat nilai 89,6% dengan kategori sangat baik, dan respon siswa untuk penggunaan langsung media pembelajaran mendapatkan nilai 91,37 dengan kategori sangat baik dari siswa kelas X jurusan Multimedia SMK Armida Abdulladin. Dari penilaian ahli media, ahli materi, dan tanggapan/respon siswa, media pembelajaran appypie berbasis android pada materi Gerak dan Gaya termasuk dalam katergori layak untuk digunakan. Keywords— Media pembelajaran, Gerak dan Gaya, Android, Appypie.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pend. Teknik Informatika dan Komputer
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 09 Mar 2020 07:18
Last Modified: 09 Mar 2020 07:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17418

Actions (login required)

View Item View Item