Perbandingan Model Pembelajaran Make A Match dengan Model Pembelajaran Example Non Example dalam Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMAN 9 Makassar

SADIAH, FAUZZIAH TUL and Dalle, Ambo and Rijal, Syamsu (2020) Perbandingan Model Pembelajaran Make A Match dengan Model Pembelajaran Example Non Example dalam Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMAN 9 Makassar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (535kB) | Preview

Abstract

.2020. "r”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman. Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar.(dibimbing oleh dan ) Penelitian ini dilakukan untuk memeroleh data dan informasi tentang keterampilan menulis bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Makassar. Jenis penelitian ini adalah The Post-test Only control Group Design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 9 Makassar yang terdiri atas 9 kelas yang berjumlah 268 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas yaitu kelas XI MIA 9 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 25 orang dan kelas XI MIA 7 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa yang sama yaitu 25 orang. Data penelitian ini diperoleh melalui tes keterampilan menulis karangan deskripsi bahasa Jerman dengan tema Die Familie. Kemudian data dianalisis menggunakan uji-t dengan hasil menunjukan bahwa ttihung 1,37 < ttabel 2,069 dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada perbedaan signifikan keterampilan menulis siswa kelas XI SMAN 9 Makassar yang diajar menggunakan Model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example. Kata Kunci: Keterampilan menulis,Model Pembelajaran, Make A Match, Example Non Example

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pend. Bahasa Jerman
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 09 Mar 2020 06:43
Last Modified: 09 Mar 2020 06:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17415

Actions (login required)

View Item View Item