MODEL PEMBELAJARAN PRAKTIK INSTALASI PENERANGAN LISTRIK BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN QUANTUM LEARNING

Darmawati, Darmawati (2015) MODEL PEMBELAJARAN PRAKTIK INSTALASI PENERANGAN LISTRIK BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN QUANTUM LEARNING. S2 thesis, UNIVESITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Darmawati2015.doc

Download (388kB)

Darmawati Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Pascasarjana Universitas Negeri Makassar E-mail: dariayuqih@yahoo.co.id ABSTRAK DARMAWATI. 2015. Model pembelajaran praktik Instalasi Penerangan Listrik berbasis masalah dengan pendekatan Quantumm learning. (Dibimbing Oleh: Abdul Muis Mappalotteng dan Hasanah Nur) Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengembangkan model pembelajaran praktik Intalasi Penerangan Listrik berbasis masalah dengan pendekatan quantumm learning di SMK Negeri 1 Pattallassang Kab. Gowa . (2) Untuk mengembangkan model pembelajaran praktik Instalasi Penerangan Listrik berbasis masalah dengan pendekatan quantumm learning di SMK Negeri 1 Pattallassang Kab. Gowa ditinjau dari kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. (3) Untuk mengetahui aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran praktik Instalasi Penerangan Listrik berbasis masalah dengan pendekatan quantumm learning di SMK Negeri 1 Pattallassang Kab. Gowa. (3) Untuk mengetahui respon peserta didik pada penerapan model pembelajaran praktik Instalasi Penerangan Listrik berbasis masalah dengan pendekatan quantumm learning di SMK Negeri 1 Pattallassang Kab. Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang difokuskan pada pengembangan model dan bahan ajar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan Four-D yang dilakukan dengan beberapa tahap yakni (1) pendefinisian (define), (2) Perancangan (design), (3) Pengembangan (development), (4) Penyebaran (disseminate). Model pembelajaran praktik Instalasi Penerangan Listrik berbasis masalah dengan pendekatan quantumm learning yang telah dikembangkan, divalidasi oleh dua orang ahli dan mengalami revisi sehingga di dapatkan hasil yang layak untuk digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran praktik Instalasi Penerangan Listrik ber basis masalah dengan pendekatan quantumm learning yang dikembangkan setelah dilakukan validasi tersebut dinyatakan valid. Model pembelajaran praktik Instalasi Penerangan Listrik berbasis masalah dengan pendekatan quantumm learning dikatakan praktis karena seluruh aspek dalam pembelajaran berada pada kategori sangat baik. Model pembelajaran praktik Instalasi Penerangan Listrik berbasis masalah dengan pendekatan quantumm learning dikatakan efektif karena telah memenuhi kriteria keefektifan, dengan hasil: (1) memenuhi syarat kevalidan, (2) aktivitas belajar peserta didik terlaksana seluruhnya dan, (3) aktivitas guru terlaksana seluruhnya (4) peserta didik memberikan respon yang positif terhadap model pembelajaran praktik Instalasi Penerangan Listrik berbasis masalah dengan pendekatan quantumm learning Kata Kunci : Pengembangan, Model Pembelajaran Praktik Berbasis Masalah ABSTRACT Darmawati.2015. The practical work of electricity installation using quantumm learning approach: A learning model. (Supervised by Abdul Muis Mappalotteng & Hasanah Nur) This research of students of SMKN 1 Pattallassang Kab Gowa is conducted to meet several goals. Firstly, it is carried out to improve a teaching model of electricity installation using the quantumm learning approach. Secondly, it aims to verify and confirm the approach used in terms of validity, efficacy and practicality. Another objective is to measure the efficacy of the quantumm learning approach, and lastly it is conducted to understand students’ responses towards the approach used. This is a ’development’ research focuses on improving learning model and teaching resources. This research particularly employs the Four-D model which is done within several steps covering defining, designing, developing and disseminating. The improved teaching model used in the site of the study had been validated by two experts and had been revised for feasibility purposes. The result of the study shows that the teaching model of electricity installation using quantumm learning approach is categorized valid. It is also contended to be practical as all learning aspects receive very good responses. This model is also signified to be effective because it meets all validity requirements, it enables researcher/teacher to accomplish all prepared teaching and learning activities, and it receives students’ positive responses. Keywords: Development, Teaching Model Problem Base Learning.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Evaluasi Pendidikan
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Dec 2016 06:46
Last Modified: 13 Dec 2016 06:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1741

Actions (login required)

View Item View Item