PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMKN 1 MAKASSAR

Dina Tenri Sapada, Andi (2020) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMKN 1 MAKASSAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
Artikel Dina.pdf

Download (43kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar mata pelajaran Akuntansi pada siswa kelas XI Akuntansi SMKN 1 Makassar.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas XI Akuntansi SMKN 1 Makassar. Teknik sampling yang digunakan adalah Proportionate Stratified Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 57 responden dari total keseluruhan siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 1 Makassar sebanyak 133 siswa yang terdiri atas 4 kelas tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner berupa pengisian angket yang digunakan untuk memperoleh informasi mengenai pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar mata pelajaran Akuntansi pada siswa kelas XI Akuntansi SMKN 1 Makassar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perhatian orang tua berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Semakin besar perhatian orang tua, maka akan semakin meningkat pula motivasi belajar siswa. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana untuk mengukur pengaruh variabel perhatian orang tua siswa terhadap motivasi belajar dan dilakukan dengan menggunakan SPSS, dari hasil SPSS analisis regresi linear sederhana diperoleh Y = 30,541 + 0,634X dengan diketahui bahwa nilai konstanta sebesar 30,541, hal ini berarti bahwa jika motivasi orang tua nilainya nol, maka variabel motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI SMK Negeri 1 Makassar sebesar 30,541 satuan. Uji koefisien koordinasi mempunyai nilai R Square Square 0,839 atau sama dengan 83,9%. Nilai tersebut mempunyai arti perhatian orang tua berpengaruh 83,9% terhadap motivasi belajar. Selanjutnya uji-t dengan nilai signifikansi 0 yang lebih kecil dari 0,05 yang berarti bahwa variabel perhatian orang tua berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 1 Makassar. Kata Kunci: Perhatian orang tua, motivasi belajar akuntansi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 06 Mar 2020 08:04
Last Modified: 06 Mar 2020 08:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17399

Actions (login required)

View Item View Item