PENGARUH MINAT DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 4 MAKASSAR

Nakhdawati Ahmad, Ayu (2020) PENGARUH MINAT DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 4 MAKASSAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
AYU NAKHDAWATI AHMAD_1592042002_PENDIDIKAN AKUNTANSI.docx

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Ayu Nakhdawati Ahmad, 2020. Pengaruh Minat dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 4 Makassar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. (Pembimbing: Sahade, S.Pd, M.Pd dan M. Ridwan Tikollah, S.Pd, M.SA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh antara minat dan disiplin belajar terhadap hasil belajar secara simultan pada mata pelajaran akuntansi program keahlian akuntansi di SMK Negeri 4 Makassar. (2) pengaruh antara minat dan disiplin belajar terhadap hasil belajar secara parsial pada mata pelajaran akuntansi program keahlian akuntansi di SMK Negeri 4 Makassar. (3) Variabel yang pengaruhnya dominan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi program keahlianakuntansi SMK Negeri 4 Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah minat sebagai variabel bebas pertama (X1) disiplin belajar sebagai variabel bebas kedua (X2) dan hasil belajar sebagai variabel terikat (Y).Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa program keahlian akuntansi di SMK Negeri 4 Makassar yang berjumlah 319 siswa, teknik pengambilan sampel random sampling dan jumlah sampelnya adalah 76 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif persentase, uji instrumen, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan menggunakan program bantuan Statistical Package For Social Science (SPSS) Versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar akuntasi siswa dengan tingkat signifikan <0,05 dan disiplin belajar berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar akuntansi siswa dengan tingkat signifikansi <0,05. Minat dan disiplin belajar siswa secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi siswa dengan tingkat signifikan <0,05. Selain itu koefisien determinasi (R2) yaitu sebesar 0,410 (41%). Hal ini berarti bahwa pengaruh minat dan disiplin belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa adalah sebesar 41% sedangkan sisanya 59% dipengaruhi oleh faktor lain. Serta minat berpengaruh dominan terhadap hasil belajar akuntansi siswa dengan koefisien determinasi 0,341 atau 34,1%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 03 Mar 2020 07:17
Last Modified: 03 Mar 2020 07:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17360

Actions (login required)

View Item View Item