JANARTI, JANARTI (2012) Pengembangan Strategi PQ4R Pada Pembelajaran Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Sederhana Di SMK Negeri 3 Makassar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.
Text
JANARTI, 2013.doc Download (36kB) |
Abstract
ABSTRAK JANARTI, 2012. Pengembangan Strategi PQ4R Pada Pembelajaran Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Sederhana Di SMK Negeri 3 Makassar. (dibimbing oleh Husain Syam dan Muh.Yahya) Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui profil hasil pengembangan strategi PQ4R dan aplikasinya pada pembelajaran IPLBS siswa SMK Negeri 3 Makassar. (2) untuk mengetahui proses pengembangan strategi PQ4R dan aplikasinya pada pembelajaran IPLBS siswa SMK Negeri 3 Makassar, (3) untuk mengetahui efektifitas strategi PQ4R dan aplikasinya pada pembelajaran IPLBS pada siswa SMK Negeri 3 Makassar. Rancangan yang digunakan penelitian ini adalah penelitian pengembangan bersifat deskriptif dengan model 4 -D (Four-D) pada siswa kelas II Lisrik c SMK Negeri 3 Makassar yang berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan penilaian aktifitas dan prilaku siswa, dan tes hasil belajar. Hasil penilaian validator pada perangkat pembelajarn dengan strategi yang dikembangkan dinyatakan valid dan layak untuk digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah strategi PQ4R yang dikembangkan telah berjalan dengan baik. Hasil analisis pengamatan aktifitas dan perubahan prilaku siswa memperlihatkan persentase perlakuan siswa pada indikator positif menunjukkan 70,75% lebih tinggi dibandingkan dengan persentase perlakuan siswa pada indikator negatif menunjukkan 12,25%. hal ini mengindikasikan bahwa strategi yang telah dikembangkan cukup efektif. Serta hasil analisis hasil belajar pada uji coba 2 terlihat bahwa dari 28 siswa, 23 orang siswa memperoleh nilai kategori tinggi dengan persentase relative yaitu 82,14 % dan kategori sangat tinggi 5 orang dengan presentase relatif 17,86 %.. Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa strategi PQ4R and applcation merupakan salah satu alternatif pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPLBS dan aktivitas siswa. Saran yang dapat disampaikan yaitu guru hendaknya menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan, serta mempertimbangkan strategi PQ4R and application sebagai salah satu strategi yang perlu dikembangkan dalam proses belajar mengajar. Hal ini diperlukan untuk meningkatkan dan mengembangkan potensi yang dimiliki siswa dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran yang optimal. Kata Kunci: Stretegi PQ4R yang dikembangkan, aktifitas belajar dan hasil belajar. ABATRAC JANARTI, 2012. Development Strategy of PQ4R on Electric Installation of Simple Building Learning at SMK Negeri 3 in Makassar.( Supervised by Hussain Syam and Muh.Yahya) The study aimed at examining to: (1) the profile of the results of the development of PQ4R strategy and application on IPLBS learning of students at SMKN 3 in Makassar, (2) the development process of PQ4R strategy and its application on IPLBS learning of students at SMKN 3 in Makassar, and (3) the effectiveness of PQ4R strategy and its application on IPLBS learning of students at SMKN 3 in Makassar. The study employed development research and the descriptive in nature with 4-D (Four-D) Model. The subject of the study were 28 of grade II Electrical students at SMKN 3 in Makassar. The instrument used were observation sheet on activities and students behavior assessment at as well as the test of learning achievement. The results of the study revaled that the steps of PQ4R strategy was developed has been condunted well. The results of observations analisys on the activities and changes of students' behavior showed the percentage of the treatment of students at the positive indicators 70.75% which was higher than the percentage of the treatment of students at negative indicator 12.25%. These indicates that the strategy which had been developed was fairly effective. The results of the analysis of learning achieverment on the second tried-out indicated that out of 28 students, 23 of them was high category with the percentage relatively 82.14% and 5 students were in very high category with the percentage relatively 17.86% .Thus, the conclision of the study PQ4R strategy and the applcation was one of alternatives of effective learning to improve the result of IPLBS learning and students activities. Suggestions based on the study were teachers should use a learning methods which appropriate to material to be delivered, as to consider the PQ4R strategy and the application as one of the strategies that need to be developed in learning process. This needed to be done to impore and and develop students potential to achieve an optimal learning objective. Keywords: Stretegi PQ4R developed, learning activities, and achieverment
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 09 Dec 2016 07:46 |
Last Modified: | 09 Dec 2016 07:46 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1735 |
Actions (login required)
View Item |