ANALISIS KESULITAN BELAJAR PRAKTIK KELISTRIKAN OTOMOTIF SISWA JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK LATANRO ENREKANG

RIDWAN,, RIDWAN, (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR PRAKTIK KELISTRIKAN OTOMOTIF SISWA JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK LATANRO ENREKANG. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
RIDWAN (1723044002).docx

Download (6MB)
[img] Text
RIDWAN (1723044002).docx

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK RIDWAN, 1723044002. Analisis Kesulitan Belajar Praktik Kelistrikan Otomotif Siswa Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Latanro Enrekang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik. Universitas Negeri Makassar (dibimmbing oleh Haruna HL dan Sunardi). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif bertujuan: 1) Untuk mengetahui gambaran kesulitan belajar praktik kelistrikan otomotif di SMK Latanro Enrekang, 2) Untuk mengetahui Faktor internal yang menjadi kesulitan belajar praktik kelistrikan otomotif siswa SMK Latanro Enrekang, 3) Untuk mengetahui Faktor eksternal yang menjadi kesulitan belajar praktik kelistrikan otomotif siswa SMK Latanro Enrekang. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 260 siswa sedangkan sampel penelitan sebanyak 39 orang siswa pada kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan angket. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gambaran kesulitan belajar Praktik Kelistrikan Otomotif di SMK Latanro Enrekang dilihat dari faktor internal termasuk dalam kategori sangat rendah dengan persentase (61,54%) dan faktor eksternal termasuk dalam kategori sangat rendah dengan persentase (38,46%). 2) Faktor internal kesulitan belajar praktik kelistrikan otomotif siswa di SMK Latanro Enrekang terdiri dari kesiapan belajar termasuk dalam kategori sangat tinggi dengan persentase (33,33%) dan motivasi belajar termasuk dalam kategori cukup rendah dengan persentase (33,33%). 3) Faktor eksternal kesulitan belajar praktik kelistrikan otomotif siswa di SMK Latanro Enrekang terdiri dari fasilitas belajar termasuk dalam kategori cukup rendah dengan persentase (38,46%), lingkungan sekolah termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase (38,46%) dan lingkungan masyarakat termasuk dalam kategori tinggi dengan presentase (33,33%). Kata Kunci: Kesulitan Belajar Praktik Kelistrikan Otomotif Siswa SMK

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Otomotif
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 02 Mar 2020 07:40
Last Modified: 02 Mar 2020 07:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17343

Actions (login required)

View Item View Item