Pengaruh Metode Pemecahan Masalah Berbasis Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Makassar

Rahmasari, Sitti (2015) Pengaruh Metode Pemecahan Masalah Berbasis Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Makassar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Sitti Rahmasari. 2015.doc

Download (31kB)

Abstract

ABSTRAK Sitti Rahmasari. 2015. Pengaruh Metode Pemecahan Masalah Berbasis Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Makassar. (DibimbingolehJasruddindan Muris) PenelitianiniadalahpenelitianQuasieksprimendengandesainpenelitiannonequivalent control group yang bertujuanuntukmendapatkanada tidaknya perbedaan hasil belajarfisikapesertadidik yang diajardenganmetode pemecahan masalah berbasis demonstrasidanpesertadidik yang diajardenganmetodepembelajarankonvensionalkelasX SMA Negeri 1 Makassartahunajaran 2014/2015. SubjekdalampenelitianiniterdiridariduakelasyaitupesertadidikkelasX MIA 7dankelas X MIA 8SMA Negeri 1 Makassardenganjumlahpesertadidiksebanyak 52 orang.Pengolahan data hasilpenelitianinimenggunakananalisisdeskriptifuntukmenggambarkankarakteristikhasilbelajarfisikapesertadidik, uji N-Gainuntukmengetahui peningkatanhasilbelajarfisikapesertadidikdananalisisinferensialuntukmengujihipotesispenelitian. Berdasarkananalisisdeskriptifmenunjukkanbahwasetelahditerapkanmetodepemecahanmasalahberbasisdemonstrasihasilbelajarfisikapesertadidiklebihtinggidibandingkanpesertadidik yang diajardenganmetodepembelajarankonvensional.HasilujiN-Gain menunjukkanbahwatingkathasilbelajarpadakeduakelasberadapadakategorisedang, tetapipersentasetingkat hasilbelajarpesertadidik yang diajardenganmetodepemecahanmasalahberbasisdemonstrasilebihbesardibandingkandenganpesertadidik yang diajardenganmetodepembelajarankonvensional.Analisisinferensialmenunjukkanbahwahasilujihipotesissatupihakdidapatkanbahwahasilbelajarfisikapesertadidik yang diajardenganmenggunakanmetodepemecahanmasalahberbasisdemonstrasilebihtinggisecarasignifikandibandingkandenganpesertadidik yang diajardenganmenggunakanmetodepembelajarankonvensionalpadakelasX SMA Negeri 1 Makassar. Kata Kunci :PemecahanMasalah, Demonstrasi, HasilBelajar, UjiNormalitas,Uji N-Gain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN FISIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Dec 2016 07:43
Last Modified: 09 Dec 2016 07:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1734

Actions (login required)

View Item View Item