Pengaruh konsentrasi asam sitrat dan waktu Demineraliasi pada perolehan gelatin dari tulang ikan kakap merah (lutjanus sp.)

Syahraeni, Syahreni and Anwar, Muhammad and Hasri, Hasri (2017) Pengaruh konsentrasi asam sitrat dan waktu Demineraliasi pada perolehan gelatin dari tulang ikan kakap merah (lutjanus sp.). Analit: Analytical and Environmental Chemistry, 2 (1). pp. 53-62. ISSN 2540-8244

[img]
Preview
Text
6 pengaruh konsentrasi asam sitrat dan waktu demineralisasi pada perolehan gelatin tulang ikan kakap merah.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review Artikel Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 5)
20.6 review (pengaruh konsentrasi asam sitrat).pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.fmipa.unila.ac.id/index.php/analit/a...

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi asam sitrat dan waktu demineralisasi terhadap rendemen dan mutu gelatin yang dihasilkan. Konsentrasi asam sitrat yang digunakan adalah 1%, 2%, 3%, 4% dan 5% dan waktu demineralisasi yang digunakan adalah 12 jam, 24 jam, 36 jam, 48 jam, 60 jam dan 72 jam. Karakterisasi gelatin tulang ikan kakap merah dan disesuaikan dengan mutu gelatin Standar Nasional Indonesia (SNI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin besar konsentrasi asam sitrat, rendemen gelatin yang diperoleh semakin meningkat, demikian pula dengan waktu demineralisasi. Untuk konsentrasi asam sitrat 1%, 2%, dan 3% memiliki kualitas sesuai gelatin SNI sampai waktu demineralisasi 72 jam. Untuk konsentrasi asam sitrat 4% memiliki kualitas sesuai gelatin SNI sampai waktu demineralisasi 36 jam, sedangkan untuk konsentrasi asam sitrat 5% hanya sampai 24 jam.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: S.T. Faruq Ratuhaji
Date Deposited: 29 Feb 2020 13:16
Last Modified: 29 Feb 2020 13:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17320

Actions (login required)

View Item View Item