PEMBELAJARAN CARA MEMAINKAN SULING BULATTA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DI SMA NEGERI 1 DUAPITUE ABBAS

ABBAS, ABBAS (2018) PEMBELAJARAN CARA MEMAINKAN SULING BULATTA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DI SMA NEGERI 1 DUAPITUE ABBAS. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
PEMBELAJARAN CARA MEMAINKAN SULING BULATTA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DI SMA NEGERI 1 DUAPITUE.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ABBAS, 2018. Pembelajaran Cara Memainkan Suling Bulatta Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Meningkatkan keterampilan Siswa di SMA Negeri 1 Duapitue. Skripsi. Fakultas Seni dan Desain.Universitas Negeri Makassar. Pembimbing I : Drs. Solihing, M.Hum, Pembimbing II : Andi Ihsan S.Sn, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang 1). Proses pembelajaran cara memainkan suling bulatta melalui kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan keterampilan siswa di SMA Negeri 1 Duapitue. 2). Peningkatan keterampilan siswa dalam memainkan suling bulatta setelah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Duapitue. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Duapitue yang terdiri dari 15 orang dari berbagai kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Dalam proses pembelajaran cara memainkan suling bulatta melalui kegiatan ekstrakurikuler ini diperlukan pembelajaran yang tersruktur, proses latihan cara memainkan suling bulatta dilakukan secara berulang-ulang, guru mendemonstrasikan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam memainkan suling bulatta. 2) Peningkatan keterampilan siswa dalam memainkan suling bulatta setelah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dapat dikatakan mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat pada indikator penjarian dimana pada hasil tes awal hanya terdapat 33,3% yang berhasil mendapat nilai Baik, meningkat menjadi 80% yang berhasil mendapat nilai Baik pada hasil tes akhir. Begitu pula pada indikator pernafasan, dimana pada hasil tes awal hanya terdapat 6,6% yang berhasil memperoleh nilai Baik, sedangkan pada hasil tes akhir meningkat menjadi 26,7% yang berhasil mendapat nilai Baik. Dan pada indikator memainkan melodi, dimana pada hasil tes awal 0% yang berhasil memperoleh nilai Baik, sedangkan pada hasil tes akhir meningkat menjadi 26,7% yang berhasil mendapat nilai Baik. Kata kunci: Peningkatan Keterampilan Memainkan Suling Bulatta melalui Kegiatan Ekstrakurikuler

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 28 Feb 2020 03:16
Last Modified: 28 Feb 2020 03:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17296

Actions (login required)

View Item View Item