PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN MOSAIK MELALUI MODUL PADA GURU TAMAN KANAK-KANAK DI KELURAHAN LAPPA KABUPATEN SINJAI

Amriyani, Ika (2020) PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN MOSAIK MELALUI MODUL PADA GURU TAMAN KANAK-KANAK DI KELURAHAN LAPPA KABUPATEN SINJAI. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL IKA AMRIYANI 181051101010.docx

Download (53kB)
[img] Text
ARTIKEL IKA AMRIYANI 181051101010.docx

Download (53kB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL IKA AMRIYANI 181051101010.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text
ARTIKEL IKA AMRIYANI 181051101010.docx

Download (53kB)

Abstract

ABSTRAK IKA AMRIYANI. 2020. Pengembangan Materi Pembelajaran Mosaik Melalui Modul pada Guru Taman Kanak-kanak di Kelurahan Lappa Kabupaten Sinjai.(Dibimbing oleh Muh. Saleh Husain dan Ali Ahmad Muhdy) Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi pembelajaran mosaik melalui modul yang valid dan praktis pada guru Taman Kanak-kanak di Kelurahan Lappa Kabupaten Sinjai. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan mengembangkan materi pembelajaran mosaik melalui modul yang praktis dan valid yang layak digunakan. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan dengan pembatasan yang terdiri dari tiga tahap pengembangan, yaitu: (1) Tahap Pendefinisian (Define), (2) Tahap Perancangan (Design), dan (3) Tahap Pengembangan (Development). Subjek penelitian ini adalah guru kelompok B TK Negeri Lappa, TK Idhata Larea-rea, dan RA Perwanida Lappa. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui observasi, studi pustaka, wawancara, dokumentasi, dan angket kepraktisan untuk guru, serta angket untuk validator ahli materi dan ahli media. Data yang diperoleh melalui angket selanjutnya dianalisis menggunakan analisis statik deskriptif, sedangkan data hasil wawancara dilakukan analisis deksriptif kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan meliputi materi pokok mosaik dan cakupan kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam kurikulum 2013 yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Selanjutnya dilakukan uji kepraktisan yang dilakukan oleh guru kelompok B dimasing-masing Taman Kanak-kanak, kemudian dilakukan uji validasi modul oleh ahli materi dan ahli media untuk memenuhi unsur kevalidan materi dan kevalidan kegrafikaan. Dengan demikian, modul yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam kegiatan mosaik di Taman Kanak-kanak dengan kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN SENI RUPA - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 27 Feb 2020 03:20
Last Modified: 27 Feb 2020 03:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17275

Actions (login required)

View Item View Item