PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PERHATIAN SISWAKELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 MAMUJU

PASIANGI, RAHAYU (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PERHATIAN SISWAKELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 MAMUJU. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
SKRIPSI_RAHAYU PASIANGI_1492040024_PENDIDIKAN AKUNTANSI.docx

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Rahayu Pasiangi. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Perhatian Siswa Kelas X Akuntansi di SMK Negeri 1 Mamuju. Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Makassar. (Pembimbing: Dra. Sitti Hajerah Hasyim M.Si. dan Nuraisyiah, S.Pd.,M.Pd.) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap perhatian siswa kelas X akuntansi di SMK Negeri 1 Mamuju. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran problem solving sebagai variabel bebas dan perhatian siswa sebagai variabel terikat. Populasinya yaitu keseluruhan siswa kelas X Akuntansi, sementara sampelnya yaitu siswa kelas X Akuntansi sebanyak 34 siswa, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis keabsahan data dan analisis statistik data dengan bantuan program SPSS 24.0 for windows. Hasil analisis regresi linear sederhana Y= 2,061 + 0,632X dimana konstanta dengan nilai 2,061 yang berarti bahwa jika model pembelajaran problem solving nilainya nol, maka perhatian siswa nilainya sebesar 2,061 sedangkan koefisien regresi X sebesar 0,632 bernilai positif, yang berarti bahwa jika model pembelajaran mengalami peningkatan 1 satuan, maka perhatian siswa juga akan mengalami peningkatan sebesar 0,632 satuan. Dari hasil analisis product moment menunjukkan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,804 yang berada pasa interval 0,800 - 1,000 yang memiliki tingkat pengaruh sangat kuat antara model pembelajaran problem solving terhadap perhatian siswa. Melalui uji-t pada kolom signifikan menunjukkan bahwa nilai probabilitas 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hipotesis penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 26 Feb 2020 05:42
Last Modified: 26 Feb 2020 05:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17266

Actions (login required)

View Item View Item