Keefektifan Penggunaan Teknik Think Pair Share (TPS) dalam Keterampilan Membaca Memahami Bahasa Jerman Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kab. Barru

TAHIR, RESKY AMALIA (2020) Keefektifan Penggunaan Teknik Think Pair Share (TPS) dalam Keterampilan Membaca Memahami Bahasa Jerman Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kab. Barru. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
9. ARTIKEL fix.docx

Download (43kB)

Abstract

ABSTRAK RESKY AMALIA TAHIR. 2019. “Keefektifan Penggunaan Teknik Think Pair Share (TPS) dalam Keterampilan Membaca Memahami Bahasa Jerman Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kab. Barru”. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Syamsu Rijal dan Syarifah Fatimah Al). Penelitian ini dilakukan untuk memeroleh data dan informasi tentang keterampilan membaca memahami bahasa Jerman Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kab. Barru. Penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kab. Barru yang terdiri atas 12 kelas yang berjumlah 396 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling dengan sampel yang terdiri atas 2 kelas yaitu kelas X IPS 6 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 27 orang dan kelas X IPS 4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa yang sama yaitu 27 orang. Data penelitian ini diperoleh melalui tes keterampilan membaca memahami bahasa Jerman. Data dianalisis menggunakan uji-t dengan hasil menunjukkan bahwa thitung 11,89 > ttabel 2,007 dengan taraf signifikan 0,05. Dengan demikian penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknik Think Pair Share efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca memahami bahasa Jerman siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Kab. Barru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pend. Bahasa Jerman
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 25 Feb 2020 02:43
Last Modified: 25 Feb 2020 02:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17260

Actions (login required)

View Item View Item