SANUSI, YUNIAR HIDAYA (2020) Keefektifan Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam Kemampuan Membaca Teks Bahasa Jerman Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Barru. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.
Text
1. ARTIKEL.docx Download (53kB) |
Abstract
ABSTRAK YUNIAR HIDAYAH SANUSI. 2019. Keefektifan Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam Kemampuan Membaca Teks Bahasa Jerman Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Barru. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilakukan untuk memeroleh data dan informasi tentang keefektifan penggunaan model cooperative learning tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam pembelajaran kemampuan membaca teks bahasa Jerman siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Barru. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Yang menjadi populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Barru yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 98 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 4 dengan jumlah 28 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas X MIPA 5 dengan jumlah 28 orang sebagai kelompok kontrol. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes kemampuan membaca teks bahasa Jerman. Pengambilan data menggunakan pretest dan posttest. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Zhitung memiliki nilai -3,664 yang lebih kecil dibanding Ztabe yaitu 0,67. Hal ini berarti bahwa H0 ditolak. Hasil analisis ini berarti bahwa model cooperative learning tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca teks bahasa Jerman Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Barru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pend. Bahasa Jerman |
Divisions: | FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA |
Depositing User: | Pustakawan Amaluddin Zaihal |
Date Deposited: | 25 Feb 2020 01:39 |
Last Modified: | 25 Feb 2020 01:39 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17257 |
Actions (login required)
View Item |