PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SD

PERTAMI, DIAN (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SD. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL DIAN PERTAMI.docx

Download (62kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash pada mata pelajaran matematika kelas IV SD. Penelitian ini tergolong penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D (Four-D). Subjek dalam penelitian ini adalah subjek penilai ahli diantaranya penilaian ahli media dan penilaian ahli materi, subjek pengguna yaitu guru dan siswa, dan subjek sasaran yaitu siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan instrumen penelitian untuk selanjutnya dianalisis data kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) melalui analisis kebutuhan media pembelajaran diperoleh data bahwa media pembelajaran berbasis komputer dibutuhkan dalam proses pembelajaran, (2) desain pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash mengacu pada model pengembangan 4-D (Four-D) yang meliputi 4 tahap yakni tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap Pengembangan (Develope), dan tahap penyebaran (Dessiminate), (3) kevalidan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash berdasarkan analisis olah data diperoleh nilai rata-rata 4.4, sehingga data tersebut berada dalam kategori “Sangat Valid”, dan (4) kepraktisan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash berdasarkan analisis olah data diperoleh nilai rata-rata 4.7, sehingga data tersebut berada pada kategori “Sangat Praktis”.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 24 Feb 2020 06:13
Last Modified: 24 Feb 2020 06:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17246

Actions (login required)

View Item View Item