ANALISIS PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN DALAM MENDUKUNG PENGENDALIAN INTERN PERUSAHAAN ( STUDI PADA CV. MITRA EDUTAIMENT INDONESIA )

IDRIS, IMAN ARDIANSYAH (2020) ANALISIS PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN DALAM MENDUKUNG PENGENDALIAN INTERN PERUSAHAAN ( STUDI PADA CV. MITRA EDUTAIMENT INDONESIA ). Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL IMAN ARDIANSYAH IDRIS PENDIDIKAN AKUNTANSI.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Sistem Akuntansi Penggajian dan Pengupahan Dalam Mendukung Pengendalian Intern pada CV. Mitra Edutaiment Indonesia. Sistem Akuntansi Penggajian dan Pengupahan adalah rangkaian prosedur perhitungan dan pembayaran gaji secara menyeluruh bagi karyawan secara efisien dan efektif. Pengendalian Intern adalah organisasi dan metode yang digunakan untuk menjaga dan melindungi aktiva, menghasilkan informasi yang akurat dan dapat dipercaya, perbaikan efesiensi, dan untuk mendorong ditaatinya kebijakan manajemen.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi berupa alir dokumen penggajian dan pengupahan (flowchart), dan wawancara dengan memberikan pertanyaan terkait penggajian dan pengupahan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan sistem penggajian dan pengupahan belum sepenuhnya diterapkan dan dalam penerapannya belum mendukung pengendalian intern persuahaan di CV. Mitra Edutaiment Indonesia, karena terdapat perangkapan fungsi yang dilakukan oleh bagian keuangan dan beberapa catatan-catatan, prosedur terkait penggajian dan pengupan belum ada. Kata Kunci: Sistem Penggajian dan pengupahan, Pengendalian Intern

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 21 Feb 2020 07:42
Last Modified: 21 Feb 2020 07:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17239

Actions (login required)

View Item View Item