“Keefektifan Model PembelajaranPenemuan (Discovery Learning)

Kasmawati, Kasmawati (2014) “Keefektifan Model PembelajaranPenemuan (Discovery Learning). Diploma thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Kasmawati..docx

Download (23kB)

Abstract

ABSTRAK Kasmawati. 2014. “Keefektifan Model PembelajaranPenemuan (Discovery Learning) dalam Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X MAN Lappariaja Kabupaten Bone”. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Sulastriningsih Djumingin dan Azis). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) membuktikan kemampuan menulis teks eksposisi dengan menggunakan pengajaran konvensional (ceramah dan Tanya jawab) padasiswakelas X MAN LappariajaKabupaten Bone; (2) membuktikan kemampuan menulis teks eksposisi setelah menggunakan model pembelajaran penemuan (discovery learning) siswa kelas X MAN Lappariaja Kabupaten Bone; dan (3) membuktikan model pembelajaran penemuan (discovery learning) efektif atau tidak digunakan dalam menulis teks eksposisi siswa kelas X MAN Lappariaja Kabupaten Bone. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Lappariaja Kabupaten Bone yang berjumlah 126 orang. Jumlah tersebut terbagi atas empat kelas. Dengan teknik pengambilan sampel cluster sampling (sampel kelompok) terpilih kelas X IPA1 sebanyak 32 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA2 sebanyak 32 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan, yaitu observasi, tes, dan RPP. Teknik yang digunakan mengumpulkan data adalah teknik tes dan observasi. Data yang diperoleh dengan dua cara dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis teks eksposisi pada siswa kelas X MAN Lappariaja Kabupaten Bone dengan menerapkan model pembeljaran penemuan (Discovery Learning) dikategorikan baik. Hal ini tampak pada nilai t 1.091 dengan signifikansi (p) 0,092. Kaidah yang digunakan adalah jika p > 0,05. Kesimpulannya adalah bahwa hipotesis diterima sehingga ada perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran penemuan (Discovery Learning) dengan menggunakan pengajaran konvensional dengan nilai rata-rata pada kelas kontrol 54.,2 dan kelas eksperimen 74.3. Kata Kunci: Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning), Menulis Teks Eksposisi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:56
Last Modified: 25 Apr 2016 06:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/172

Actions (login required)

View Item View Item