PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENGGAMBAR ORNAMEN PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI SMA NEGERI 10 BULUKUMBA

ISHAK, MUH (2018) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENGGAMBAR ORNAMEN PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI SMA NEGERI 10 BULUKUMBA. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
MUH. ISHAK, 1181040083, 2018.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK MUH ISHAK, 2018, Pelaksanaan pembelajaran menggambar ornamen pada mata pelajaran seni budaya di SMA Negeri 10 Bulukumba Kabupaten Bulukumba. Skripsi; Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakulatas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Pangeran Paita Yunus dan Lanta L,) Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persiapan pembelajaran menggambar ornamen, bagaimana pelaksanaan pembelajaran menggambar ornamen dan bagaimana guru melakukan penilaian terhadap pelaksanaan pembelajaran menggambar ornamen pada Kelas XI SMA Negeri 10 bulukumba. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data akurat mengenai persiapan pembelajaran menggambar ornamen, untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran menggambar ornamen, dan teknik penilaian yang dilakukan oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaran menggambar ornamen. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 10 Bulukumba pada bulan Juli sampai Agustus 2017, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data guru dan peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Persiapan pembelajaran menggambar ornamen di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 10 Bulukumba sudah sesuai yang direncanakan yaitu guru mempersiapkan perencanaan pembelajaran (RPP). Selanjutnya sebelum memasuki pembelajaran praktik guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Metode yang digunakan dalam pembelajaran menggambar ornamen adalah metode demontrasi, dan penugasan (tugas perorangan) sedangkan media yang digunakan terdiri dari buku teks, contoh karya ornamen, papan tulis. 2) Pelaksanaan pembelajaran tentang menggambar ornamen untuk pembahasan teori meliputi pengertian ornamen, unsur-unsur, jenis-jenis motif ornamen serta kriteria karya ornamen yang bermutu. Untuk praktek peserta didik diberi kebebasan memilih di antara jenisjenis motif ornamen, begitupun dengan pemilihan tema yang menjadi pokok penggambaranya. 3) teknik penilaian terbagi atas dua yaitu teori dan praktik. Penilaian teori dilakukan secara tes tertulis dengan jalan memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik sebanyak 5 nomor. Penilaian praktik yang dilakukan secara perorangan dengan dua kriteria, yaitu penilaian proses meliputi, usaha (alat dan bahan), kelancaran membentuk ide, dan kelancaran menggunakan medium dan penilaian hasil karya meliputi kemurnian karya (kreativitas), keharmonisan karya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 20 Feb 2020 06:56
Last Modified: 20 Feb 2020 06:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17195

Actions (login required)

View Item View Item