PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SMA NEGERI 1 BURAU KABUPATEN LUWU TIMUR

Sari, Yunita (2018) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SMA NEGERI 1 BURAU KABUPATEN LUWU TIMUR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
2.Jurnal Yunita Sari.pdf

Download (218kB) | Preview

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan1) pelaksanaan pembelajaran SeniBudaya di kelas XI SMA Negeri 1 Burau Kabupaten Luwu Timur dan untuk mendiskripsikan 2) kendala apa yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran Seni Budayadi kelas XISMA Negeri 1 BurauKabupaten Luwu Timur. Jenis penelitian inia dalah penelitian survey pada taraf deskriptif dengan pendekaan kualitatif, dan dengan metode deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini, adalah guru yang mengajarkan mata pelajaran Seni Budaya di kelas XI khususnya kelas XI IPA 1 Putri dengan 33 siswi, XI IPA 1 Putra dengan 23 siswa, XIIPS 1 Putridengan 28 siswi dan kelas XI IPS 1 Putra dengan 23 siswa. Teknikpengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dandokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya di kelas XI SMA Negeri 1 Burau Kabupaten Luwu Timur terdiri dari persiapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran.Pada tahap persiapan pembelajaran guru tidak mengembangkan RPP dan Silabus, tidak merumuskan tujuan pembelajaran, mengembangkan materi dan menentukan media pembelajaran. Padapelaksanaan pembelajaran guru tidak berpatokan pada RPP dan Silabus.Guru memberikan pembelajaran praktik,yaitu membuat kerajinan kriya mozaik dari kulit telur dan menggunakan metode pemberian tugas dengan pendekatan pembelajaran model kelompok dan individu. Guru sangat jarang menggunakan media dan bahan ajar berupa buku paket ataupun sumber belajar lainnya. Pada tahap evaluasi pembelajaran, guru melakukan penilaian pada hasil karya praktik siswa namun kriteria penilaian keberhasilan siswa kurang jelas.2) Kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran Seni Budayadi kelas XI SMA Negeri 1 Burau Kabupaten Luwu Timur adalah guru kurang menguasai pembelajaranSeniBudayakarena bukan bidangnya, guru juga disibukkan dengan tuntutan kompetensi bidang studinya masing-masing. Saranadan prasarana yang disediakan sekolah belum memadai, seperti buku teks seni budaya,dan ruang praktik. Pada persiapan guru kesulitan dalam mengembangkan RPP dan Silabus, merumuskan tujuan pembelajaran, mengembangkan materi pembelajaran, dan menentukan media pembelajaran,sehingga pada pelaksanaan pembelajaran guru tidak berpatokan pada RPP dan Silabus, tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dan lebih sering memberikan pembelajaran praktik serta jarang menggunakan media pembelajaran. Sedangkan pada evaluasi pembelajaran guru terkendala dalammenjabarkan aspek-aspek yang dinilai dari hasil karya seni siswa. Kata Kunci: pelaksanaan, pembelajaran, Seni Budaya, Guru, kelas X

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 20 Feb 2020 00:15
Last Modified: 20 Feb 2020 00:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17174

Actions (login required)

View Item View Item