PENDAPAT MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA TERHADAP PERANAN PPL DALAM PEMBENTUKKAN KOMPETENSI PROFESIONAL CALON GURU

Aisah, Sitti (2018) PENDAPAT MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA TERHADAP PERANAN PPL DALAM PEMBENTUKKAN KOMPETENSI PROFESIONAL CALON GURU. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
artikel.pdf

Download (489kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan kompetensi profesional yang harus dimiliki calon guru (2) peran PPL ditinjau dari segi fungsi dan manfaat bagi mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakanini adalah Studi Kasus dengan maksud untuk menyelidiki dan memahami sebuah kejadian atau masalah yang terjadi dengan mengumpulkan berbagai bermacam informasi yang kemudian diolah untuk mendapatkan solusi agar masalah yang diungkap dapat terselesaikan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar yang telah mengikuti kegiatang PPL terpadu pada semester ganjil tahun 2017. Sampel yang digunakan yaitu sampling sistemati, sampel yang digunakan sebanyak 25 orang dari 49 populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif-kuantitatif dan deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) empat kompetensi profesional yang harus dimiliki calon guru memiliki kualitas amat baik,ini bisa dilihat dari persentase yang ditunjukkan mencapai 97% responden yang memiliki pemahaman kompetensi profesional guru dan 3%responden yang kurang dalam pemahaman kompetensi profesional guru; (2) peran PPL yang ditinjau dari segi fungsi dan manfaat bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Hal ini bisa dilihat dari persentase dimana sebanyak 8% responden menyarakan amat berpengaruh, 76% menyatakan berpengaruh, 12% menyatakan cukup berpengaruh, 4% menyatkan kurang berpengaruh, dan tidak ada responden yang menyatakan amat tidak berpengaruh. Sehingga ketika di rangkum dari tingkat pengaruhnya 84% responden menyatakan amat berpengaruh, dan 16% responden yang menyatakan tidak berpengaruh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 18 Feb 2020 07:53
Last Modified: 18 Feb 2020 07:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17157

Actions (login required)

View Item View Item