PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENGGAMBAR ALAM BENDA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS VIII A DI SMP NEGERI 17 MAKASSAR

Dewi, Siska Monika (2018) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENGGAMBAR ALAM BENDA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS VIII A DI SMP NEGERI 17 MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL siska.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran menggambar alam benda, kendala pelaksanaan pembelajaran menggambar alam benda pada Kelas VIII A SMP Negeri 17 Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data akurat mengenai pelaksanaan pembelajaran menggambar alam benda. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 17 Makassar pada bulan Juli sampai Agustus 2018, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data guru dan siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Persiapan pembelajaran menggambar alam benda di Kelas VIII A SMP Negeri 17 Makassar sudah sesuai yang direncanakan yaitu guru mempersiapkan perencanaan pembelajaran (RPP). Selanjutnya sebelum memasuki pembelajaran praktek guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Metode yang digunakan dalam pembelajaran menggambar model alam benda adalah metode demontrasi, dan penugasan (tugas perorangan) sedangkan media yang digunakan terdiri dari buku teks, contoh karya gambar alam benda, papan tulis. 2) Pelaksanaan pembelajaran tentang menggambar alam benda untuk pembahasan teori meliputi pengertian seni rupa,menggambar alam benda, unsur-unsur, prinsip, serta kriteria karya karya yang indah. Untuk praktek, guru menyiapkan objek benda yang akan digambar oleh siswa. 3) teknik penilaian terbagi atas dua yaitu teori dan praktek. Penilaian teori dilakukan secara tes tertulis dengan jalan memberikan soal untuk dikerjakan siswa sebanyak 5 nomor. Penilaian praktek yang dilakukan secara perorangan dengan dua kriteria, yaitu penilaian proses meliputi, usaha (alat dan bahan), dan kerapian karya dan penilaian hasil karya, keindahan karya. Kata kunci : Pelaksanaan Pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 18 Feb 2020 07:51
Last Modified: 18 Feb 2020 07:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17156

Actions (login required)

View Item View Item