OPINI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA TERHADAP PELAKSANAAN KKN PPL TERPADU UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR ANGKATAN XV TAHUN 2017

Fitria, Rizki (2018) OPINI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA TERHADAP PELAKSANAAN KKN PPL TERPADU UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR ANGKATAN XV TAHUN 2017. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
rizki fitria jurnal.pdf

Download (469kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Permasalahan utama penelitian ini adalah opini mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain tentang pelaksanaan KKN-PPL Terpadu Universitas Negeri Makassar angatan XV tahun 2017. Penelitian ini merupakan penelitian survei yang bertujuan untuk mengamati pelaksanaan KKN-PPL Terpadu. Variabel dalam penelitian ini adalah opini mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain tentang pelaksanaan KKN-PPL Terpadu Universitas Negeri Makassar terhadap: (1) pelaksanaan pembimbingan mahasiswa KKN-PPL Terpadu oleh guru pamong dan dosen pembimbing lapangan; (2) Pelaksanaan pengelolaan KKN-PPL Terpadu oleh panitia pelaksanaan; (3) Permasalah yang dihadapi mahasiswa peserta KKN-PPL Terpadu. Populasi dan sampel dalam penelitian ini mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar yang telah mengikuti KKN-PPL Terpadu pada semester ganjil tahun 2017 yang berjumlah 49 0rang. Sampel yang digunakan berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data adalah angket dan wawancara, data tersebut diolah dan disajikan melalui table persentase. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) opini mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni tentang pelaksanaan pembimbingan memperlihatkan hasil yang bervariasi, yakn isebanyak 73,34% responden menyatakan sudah efektif dan 26,66% menyatakan tidak efektif; (2) opini mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain manajemen pengelolaan sebanyak 73,34% responden menyatakan sudah baik, dan 26,66% responden menyatakan tidak baik, sedangkan dari segi layanan pelaksanaan sebanyak 66,67% responden manyatakan sudah baik, dan 33,33% responden menyatakan tidak baik. Data hasil wawancara terhadap, (3) opini mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa tentang permasalahan yang dihadapi selama pelaksanaan KKN-PPL Universitas Negeri Makassar tahun 2017, meliputi: rendahnya partisipasi masyarakat, dukungan pihak sekolah dan siswa, masalah akademik, masalah pondokan dan masalah keterbatasan dana. Kata Kunci: Opini mahasiswa, pelaksanaan, KKN-PPL Terpadu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 18 Feb 2020 07:42
Last Modified: 18 Feb 2020 07:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17153

Actions (login required)

View Item View Item