ANALISIS BENTUK DASAR GAMBAR ANAK DALAM FASE CORENG-MORENG PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TIM PENGELOLA KEGIATAN (TPK) AL-AQSAN DESA TONRONG RIJANG KABUPATEN SIDRAP

Sangaji, Novrizal (2018) ANALISIS BENTUK DASAR GAMBAR ANAK DALAM FASE CORENG-MORENG PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TIM PENGELOLA KEGIATAN (TPK) AL-AQSAN DESA TONRONG RIJANG KABUPATEN SIDRAP. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel Novrizal Sangaji.pdf

Download (340kB) | Preview

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk dasar gambar anak pada fase coreng-moreng di TPK Al-Aqsan Desa Tonrong Rijang Kabupaten Sidrap. Jenis penelitian ini berupa analisis isi (content analysis) dan survei. Sasaran pada penelitian ini, yaitu gambar anak usia dini di TPK Al-Aqsan Desa Tonrong Rijang Kabupaten Sidrap, berjumlah 17 gambar anak, dengan rincian gambar anak laki-laki sebanyak 5 dan gambar anak perempuan sebanyak 12. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan subjektif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa bentuk dasar yang mendominasi gambar anak pada fase coreng-moreng di TPK Al-Aqsan Desa Tonrong Rijang Kabupaten Sidrap adalah titik-titik dan bentuk gelombang, sedangkan bentuk yang paling sedikit adalah pengulangan garis horizontal bersambung dan pengulangan huruf ℓ secara rapat bolak-balik. Sedangkan corengan yang tidak dijumpai pada penelitian ini adalah pengulangan bentuk kait bersambung. Namun, secara keseluruhan garis yang dihasilkan oleh anak di TPK Al-Aqsan Desa Tonrong Rijang Kabupaten Sidrap memiliki variasi corengan dalam satu garis. Kata Kunci: Analisis, anak usia dini, hakikat gambar anak usia dini, fase coreng-moreng

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 18 Feb 2020 06:39
Last Modified: 18 Feb 2020 06:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17135

Actions (login required)

View Item View Item