KARAKTERISTIK KARYA ILUSTRASI KOMUNITAS “PENAHITAM” MAKASSAR PROCESS OF MAKING PAPER SCULPTURE BY COMMUNITY "STRAIGHT LINE" MAKASSAR

Haeril, Haeril (2018) KARAKTERISTIK KARYA ILUSTRASI KOMUNITAS “PENAHITAM” MAKASSAR PROCESS OF MAKING PAPER SCULPTURE BY COMMUNITY "STRAIGHT LINE" MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (643kB) | Preview

Abstract

A B S T R A K Haeril, 2018. Karakteristik Karya Ilustrasi Komunitas “Penahitam” Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Moh. Thamrin Mappalahere, dan Ali Ahmad Muhdy,; Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan tujuan untuk memperoleh data tentang apa karakteristik karya ilustrasi komunitas “Penahitam” Makassar, dan faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi komunitas “Penahitam” Makassar dalam proses berkarya ilustrasi. Deskriftif dengan rancangan analisis kualitatif, yaitu menggambarkan atau memaparkan secara langsung hasil penelitian yang diperoleh di lapangan apa adanya, sesuai dengan tujuan penelitian. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik karya ilustrasi komunitas “Penahitam” Makassar yang dibuat pada tahun 2015 sampai 2018 mengangkat tema tentang makhluk hidup, yang berupa manusia, hewan tumbuhan dan kebanyakan gambar-gambar tengkorak yang menampilkan karakteristik pribadi dengan ciri gambar yang dibuat selalu dominan hitam. Visualisasinya bergaya ghotyc dan gelap serta teknik penggambaran yang digunakan hampir semuanya sama dengan menggunakan teknik arsir pointilisme, hatching dan crosshatching. Faktor pendukung komunitas “Penahitam” Makassar yaitu, pentingnya internet, adanya motivasi dari diri sendiri dan dari luar serta adanya inspirasi terhadap ilustrator-ilustrator. Sedangkan faktor penghambat yaitu, timbulnya rasa malas, kurang lengkapnya tools atau alat, kurangnya apresiasi mayarakat terhadap ilustrasi, tidak adanya tempat tetap serta pada umumnya, relatif tidak menjadi kebutuhan real masyarakat dan khususnya pemerhati seni. Kata Kunci: Karakteristik, karya, ilustrasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 17 Feb 2020 05:18
Last Modified: 17 Feb 2020 05:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17086

Actions (login required)

View Item View Item