PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 MAKASSAR

Sunarti, Andi (2020) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL_ANDI SUNARTI_1492042005_PENDIDIKAN AKUNTANSI_FE_UNM.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas X akuntansi di SMK Negeri 1 Makassar. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Makassar yang berjumlah 140 siswa. Adapun sampel penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling sebanyak 58 siswa dari total keseluruhan siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 1 Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu koesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi sederhana, korelasi product moment, dan uji-t dengan bantuan program SPSS 21.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan sekolah berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan koefisien determinasi (R2 ) yaitu 0,515 atau 51,5 persen. Hal ini berarti lingkungan sekolah memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar siswa sebesar 51,5 persen dan sisanya 48,5 persen dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini yang berbunyi: diduga lingkungan sekolah berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas X akuntansi di SMK Negeri 1 Makassar, dapat dinyatakan diterima. Kata Kunci: Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 17 Feb 2020 05:04
Last Modified: 17 Feb 2020 05:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17083

Actions (login required)

View Item View Item